Newsticker

Siswi SMP Al Ma'soem Raih Medali Perak di Asia-Pacific Conference of Young Scientists (APCYS)




Ajang lomba karya ilmiah remaja Asia-Pacific Conference of Young Scientists (APCYS) ke-5 berlangsung di kampus Amity University Gurgaon, India. Pada kegiatan yang dilaksanakan dari 13-18 Juli tersebut Indonesia meraih 2 medali emas, 2 medali perak, dan 3 medali perunggu. Hebatnya, perwakilan dari SMP Al Ma'soem mendapatkan penghargaan bergengsi tersebut. Ialah Lubba Ailati, siswi SMP Al Ma'soem, yang  meraih medali perak di bidang engineering. Ia melakukan penelitian dengan tema "Designing Liquid Refractive Index Measuring".

Sementara perolehan penghargaan lainnya yakni emas diraih oleh Elizabeth Maria Clarissa dari SMAK St Louis 1 Surabaya dalam bidang Environmental Science dan Joan Aldine Agita Limanto (SMAK Gloria 2, Surabaya) dalam bidang life science.

Adapun medali perak diraih Bramasto Rahman Prasojo (SMP Chandra Kusuma, Deli Serdang, Sumatra Utara) di bidang Fisika. Adapun peraih tiga medali perunggu yakni Rizky Aprillia Widianti (SMAN 5 Surabaya) di bidang life science, Shanon Angelica Indrasan dan Yihua Varaputtananda Chen (SMP Narada Tangerang) bidang engineering, serta Rafsi Azzam Hibatullah Albar (SMP Al-Azhar 13 Surabaya) bidang computer science.

Sekilas Asia Pacific Conference of Young Scientists
Dikutip dari laman id. wikipedia.org, Asia Pacific Conference of Young Scientists (APCYS) adalah sebuah konferensi ilmiah tahunan bagi para siswa/siswi sekolah tingkat menengah se-Asia Pasifik sebagai ajang untuk menumbuhkan iklim penelitian di kalangan generasi muda.

APCYS pertama kali diselenggarakan pada tanggal 2 - 7 September 2012, berlokasi di Swiss- Belhotel Danum Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Acara ini dibuka oleh Wakil Gubernur, Ir. H. Ahmad Diran dengan ditandai dengan pemukulan ketambung dengan dihadiri oleh para peserta APCYS 2012, team leader, observer, juri internasional dan lokal.

Acara dan bentuk kegiatan APCYS, sebagian besar diadaptasi dari acara International Conference of Young Scientists (ICYS). Perbedaan utama antara ICYS dan APCYS adalah lingkup kegiatannya. ICYS diikuti oleh negara-negara sedunia, sedangkan APCYS dikhususkan untuk negara-negara di kawasan Asia Pasifik.

SMP Al  Ma'soem
Jln. Raya Cipacing No. 22
Telp.(022) 7798243 – 7796240
Fax. (022) 7798243
Website : http://almasoem.sch.id/smp