Newsticker

Pengen Nyoba Main Pokemon Go? Inilah Caranya




Jika dalam masyarakat tradisional kita ada tradisi moro bagong alias memburu babi hutan, kini di zaman digital ada memburu monster. Bedanya, memburu karakter virtual ini dilakukan sendiri dan hasil "tangkapannya" kemudian "dipelihara" di gym. Keasyikannya sama-sama jika objek yang diburu berhasil ditangkap. Namun, saat memburu Pokemon diperlukan perlengkapan yang bisa menguras, baik itu menguras paket data, baterai, hingga menguras tenaga. Maklum saja, si pengguna harus kukurusakan alias blusukan ngider ke tempat-tempat yang ada Pokemon-nya sesuai data dari layar HP.

Jika Anda penasaran untuk memainkan game Pokemon Go, tidak ada salahnya mencoba. Ya, daripada ngan saukur beja alias katanya. Namun saran kami sebaiknya perhitungkan dulu untung ruginya. Jangan sampai Anda kecanduan dan menimbulkan masalah seperti halnya yang ada di berita-berita yang sekadang berkembang.

Hal ini apalagi untuk anak kecil yang sangat beresiko untuk main game ini. Sangat jauh resikonya dengan bermain mengejar layangan putus. Anak bisa nyasar, HP dijambret, atau malah bisa saja diculik karena rute yang ditempuh untuk main game ini lumayan jauh. Apalagi jika sang anak nekad pergi jauh demi memburu karakter game yang sedang trending ini.

Untuk memainkan, pastikan perangkat mobile Anda minimal menjalankan sistem operarsi KitKat 4.4 untuk Android dan minimal iphone dengan iOS 8.2. Setelah menginstall tinggal memainkan Pokemon Go. Pada layar akan diberitahu keberadaan Pokemon. Pengguna bisa klik  lebih detail Pokemon yang paling dekat.

Pada pojok kanan bawah, ada kolom untuk mengetahui keberadaan Pokemon yang terdekat. Jika tandanya masih kaki tiga, artinya masih jauh dan jika kaki dua sudah dekat. Itu berarti Anda bisa menangkapnya. Pokemon dapat ditangkap pakai bola putih atau bola merah (tempat menyimpan). Gunakan Pokeball tersebut dengan menekan bola dan muncul lingkaran putih di sekitar Pokemon. Setelah mengecil, lempar Pokeball.

Namun saat mencoba memainkan game Pokemon Go ini dipastikan daya baterai gawai Anda akan cepat habis. Ini dikarenakan pengaktifan GPS di HP akan lebih menguras tenaga baterai.

Cara Download dan Install Pokemon Go di Android dan iOS
1. Android
- Unduh APK Pokemon GO
- Install aplikasinya
- Masukkan tanggal lahir Anda
- Pilih akun Gmail
- Tekan accept pada bagian Term of Service (TOS)
- Temukan karakter yang diinginkan
- Silakan mainkan Pokemon Go

2. iOS
- Buka link iOS.hipstore.mobi
- Cari Pokemon Go
- Saat diklik akan muncul "Untrusted Developer"
- Masuk ke Setting - General - Device Management dan pilih Yechtech Technology, dan klik trust.
- Buka kembali Pokemon Go

Tips untuk iOS:
- Gunakan Apple ID dari negara (USA, Australia, Selandia Baru) dengan ubah region ke salah satu negara tersebut.
- Log out dari Apple ID yang digunakan.
- Masuk ke Setting - General - Language dan ubah menjadi salah satu negara yang disebutkan di atas.
- Buka App Store dan cari Pokemon Go.
- Jika tidak ditemukan, coba unduh aplikasi gratis apa saja dari App Store dan pilih Create Apple ID untuk membuat ID baru yang sesuai dengan negara di atas.
- Ketika membuat Apple ID, pilih None pada menu billing dan isi alamat manasa saja di negara-negara yang disebut di atas.
- Setelah selesai, Pokemon Go sudah muncul pada daftar game App Satore.
- Unduh dan install Pokemon Go. Selamat mencoba.

Beberapa Istilah
1. Pokeball
Bola Pokemon yang berwarna merah pada bagian atas dan putih pada bagian bawah. Bola ini merupakan alat yang digunakan untuk menangkap pokemon-pokemon liar. Saat menjumpai pokemon, tekan Pokeball yang ada ditengah tengah layar. Setelah itu akan muncul sebuah lingkaran putih yang mengelilingi pokemon. Dalam lingkaran tersebut akan ada lingkaran hijau yang akan mengecil, itulah saat yang tepat untuk menangkap pokemon (swipe). Ada beberapa pokemon kadang sulit untuk ditangkap, jangan gunakan pokeball jika Pokemon tersebut sangat sulit ditangkap. Cari yang lain.

2. Pokestop
Tempat yang digunakan untuk mendapatkan item-item dalam permainan seperti, item untuk level up Pokemon atau Pokeball. Pada maps, Pokestop terlihat seperti kotak warna biru.

3. Gym
Adalah tempat untuk bertarung pokemon dan bisa diperebutkan. Pada map, Gym terlihat seperti tower yang menjulang tinggi. Gym bisa dimasuki jika kamu setidaknya sudah level 5. Saat pertama kali masuk Gym, kamu akan disuruh untuk Join salah satu diantara tiga tim (merah biru kuning).
4. AR
Singkatan Augmented Reality, sebuah teknologi virtual reality yang diterapkan pada game pokemon Go. Dengan teknologi ini gamer bisa melihat pokemon seperti didunia nyata. Opsi ON OFF untuk AR berada dipojok kanan atas.