Informasi

Longsor Galian C di Parongpong Menelan Korban Satu Orang




Pascalebaran, bencana alam terjadi di kawasan Kab. Bandung Barat. Bencana longsor terjadi di Kampung Manglayang, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB),  pada Senin (11/7/2016) pukul 08.30. Lokasi longsor tersebut merupakan tempat galian C. Dalam musibah tersebut menelan satu korban jiwa bernama Wawan (65) tertimbun longsoran tanah. Korban ditemukan sekitar pukul 11.45.

Wawan tertimbun longsor saat tengah lewat untuk bersilaturahim dalam masa Lebaran. Lokasi longsor tersebut memang jalan yang biasa dilintasi warga Kampung Manglayang menuju lokasi galian pasir.

Petugas gabungan diturunkan ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi korban dengan melibatkan tim SAR, BPBD setempat,Polsek, dan aparat Desa. Longsornya galian yang menewasakan Wawan tersebut bermula pada saat korban berada di bawah tebing yang ditambang secara manual. Ketinggian tebing tersebut sekitar 30 meteran. Tanpa diduga, pasir dan bebatuan besar longsor dan langsung menimbun Wawan.

Akibat tertimpa bebatuan dan tanah, Wawan mengalami luka pada wajah dan bagian tubuh lainnya. Jasad korban langsung  dibawa ke RSUD Cibabat untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Tidak hanya Wawan, petugas kepolisian pun menjadi korban jatuhnya bebatuan saat melakukan evakuasi terhadap korban yang tertimbun dalam galian pasir. Petugas yang terluka langsung  dievakuasi dan langsung mendapatkan pertolongan medis.