Informasi

Libur Lebaran, Bandung Ramai Dikunjungi Wisatawan




Hingga hari H+4 Lebaran 2016, beberapa objek wisata di Bandung dipenuhi para pengunjung. Malah selesai shalat Ied, pada siang hari para wisatawan baik lokal maupun dari luar Bandung mulai beredar ke tempat-tempat wisata. Menurut pantaun tim Seputar Bandung Raya dari beberapa titik di seputaran Bandung, momen libur Lebaran dimanfaatkan untuk pakansi.

Pada hari Lebaran, Rabu (6/7/2016), siang harinya kawasan wisata Ciwidey di Bandung selatan ramai dikunjungi wisatawan, terutama yang memakai kendaraan bermotor. Adapun lokasi lainnya di Bandung utara ke kawasan Lembang malah sejak jauh hari mulai didatangi wisatawan dari luar Bandung. Membeludaknya jumlah wisatawan semakin terlihat dari Kamis (7/7/2016) hingga Minggu (10/7/2016). Beberapa kawasan wisata dipenuhi pengunjung. Uniknya, untuk kawasan pusat kota sendiri terbilang tidak terlalu ramai.

Kebun Binatang Bandung Masih Favorit
Berdasarkan pengamatan di lapangan juga pantauan dari media sosial, tempat wisata keluarga menjadi favorit pengunjung. Salah satunya Kebun Binatang Bandung (KBB). Walaupun tempat wisata murah meriah di pusat kota Bandung ini pernah diterpa berita kurang sedap karena matinya seekor gajah, namun tempat wisata ini tetap menjadi favorit.

"Tercatat jumlah pengunjung sudah 10 ribu orang lebih. Pada hari Minggu target bisa menyentuh mencapai 15-20 ribu pengunjung," kata Humas Kebun Binatang Bandung, Sudaryo, di Bandung, Minggu (10/7/2016).

Sudaryo pun mengungkapkan, dengan banyaknya warga Kota Bandung dan luar kota yang datang berwisata ke tempat wisata di kawasan Jln. Tamansari ini membuat Yayasan Marga Satwa Taman Sari selaku pengelola tempat tersebut terus berupaya memberikan pelayanan baik. Ini berkaca pada image kurang baik KBB pada kasus matinya gajah beberapa bulan lalu.

Pinggiran Kota Bandung
Hal menarik lainnya, objek wisata di pinggiran Bandung seperti di Ciwidey dan Lembang menjadi buruan para wisatawan. Objek wisata kolam renang juga pemandangan alam adalah tujuan para pelancong untuk mengisi liburan Lebaran tahun ini. Hal ini terlihat esok harinya setelah Idul Fitri, jalan menuju Ciwidey dijejali kendaraan sehingga menimbulkan kemacetan panjang.

Tempat wisata lain yang banyak menarik kunjungan wisatawan adalah Rumah Hobbit di Farmhouse Susu Lembang dan Gunung Tangkuban Parahu. Arah Jln. Setia Budhi dan Lembang pun dipenuhi kendaraan sehingga menimbulkan kemacetan. Tak urung, akses alternatif ke Lembang pun terkena imbas limpahan para wisatawan. Terlihat jalan alternatif dari Jln. Kol. Masturi juga Jln. Dago Giri dan kawasan Punclut pun dipenuhi kendaraan.

Tempat wisata kolam renang pun menjadi pilihan para wisatawan. Terlihat pengunjung membeludak di Panghegar Waterboom (Jln. Mengger), Graha Tirta Siliwangi (dekat Stadion Siliwangi), kolam renang di Lanud Sulaeman, Karang Setra, juga di Kolam Renang Bukit Cipaku Indah (area The Cipaku Garden Hotel di Ledeng, Bandung).

Tempat wisata alam pun mendapat berkah libur Lebaran ini. Kawasan wisata di Ciwidey seperti di Situ Patenggang, Ciwidey Valley Resort, Barusen Hillls, juga ramai dikunjungi. Beberapa wisatawan pun terlihat menjadikan area perkebunan teh di Rancabali dijadikan spot selfie.

Untuk kawasan Bandung utara, The Lodge Maribaya menjadi pilihan favorit wisatawan yang ingin mengabadikan keindahan alam dengan panorama pegunungan Lembang tersebut. Sementara kawasan belanja factory outlet di Jln. LLRE Martadinata (Jln. Riau) terlihat banyak dikunjungi wisatawan dari luar Bandung. Di parkiran mobil dan jalan terlihat mobil berplat B yang memenuhi di sekitaran Jln. Riau tersebut.