Newsticker

Kabupaten Bandung Raih Penghargaan Nirwasita Tantra 2016




Penghargaan Nirwasita Tantra adalah penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan, dan/atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Dan pada tahun ini, Kabupaten Bandung meraih penghargaan Nirwasita Tantra. Kabupaten dan kota lainnya yang meraih penghargaan Nirwasita Tantra  adalah Kabupaten Buleleng, Kabupaten Dharmasraya, dan tingkat Kota yaitu Kota Surabaya dan Kota Balikpapan.  Tim penilai independen melihat komitmen nyata dari Pemkab Bandung terhadap pelestarian Sungai Citarum.

Berdasar press release dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, penilaian SLHD Kabupaten/Kota oleh Kementerian Lingkungan Hidup dilakukan terhadap kabupaten/kota nominator yang diusulkan oleh Badan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi. Untuk Tahun 2016 terdapat 57 kabupaten/kota nominator yang diusulkan oleh 29 Badan Lingkungan Hidup Provinsi untuk berkompetisi memperoleh Penghargaan Nirwasita Tantra Tingkat Kabupaten/Kota.

Diwakili Wakil Bupati Gungun Gunawan
Pemberian penghargaan ini dilaksanakan pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016 Tingkat Nasional yang diselenggarakan di Istana Siak Sri Indrapura Provinsi Riau pada Jumat (22/7/2016). Selain penghargaan Nirwasita Tantra, pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016  juga digelar acara penyerahan Piala Adipura, Kalpataru, dan Adiwiyata ( sekolah yang berbasis lingkungan hidup). Dalam penerimaan penghargaan tersebut, Kabupaten Bandung diwakili Wakil Bupati Gungun Gunawan.

"Saya berharap, penghargaan ini menjadi motivasi untuk memicu pengelolaan lingkungan hidup yang semakin baik. Tidak hanya dari buku dokumen serta teori yang dipresentasikan saja, namun kebijakan yang menopang program-program yang berisi lingkungan hidup ke depan. Sehingga lingkungan Kabupaten Bandung semakin baik yang akan berdampak baik pula untuk masyarakat," demikian ungkap Gungun Gunawan dalam status di akun Facebook miliknya.

Dalam acara yang digelar di Riau tersebut, turut hadir sejumlah menteri Kabinet Kerja, antara lain Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo, Menristek dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir dan Menteri Kominfo Rudiantara.

Usai menyerahkan penghargaan, Wapres Jusuf Kalla menyampaikan ucapan terima kasih kepada mereka yang sudah peduli dan berprestasi dalam menata dan mengelola lingkungan hidup, sehingga dapat meningkatkan kualitas kehidupan.

Penerima Penghargaan Nirwasita Tantra 2016

1. Tingkat Provinsi
Peringkat I : Provinsi Jawa Timur
Peringkat II : Provinsi Jawa Barat
Peringkat III : Provinsi Sumatera Barat
Peringkat IV : Provinsi Sulawesi Selatan
Peringkat V : Provinsi Jambi

2. Tingkat Kabupaten
Peringkat I : Kabupaten Buleleng, Bali.
Peringkat II : Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat
Peringkat III : Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Peringkat IV : Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

3. Tingkat Kota
Peringkat I : Kota Surabaya, Jawa Timur
Peringkat II : Kota Balikpapan, Kalimantan Timur