Newsticker

Fakta dan Data Pokemon Go, Game yang Sedang Ngehits di Dunia




Inilah game yang membuat pemainnya harus keluar rumah dan kukurusukan (blusukan) demi mendapatkan karakter monster untuk kemudian "melatihnya". Game dari film animasi ini kemudian menjadi populer dan menyebar secara viral di media sosial. Untuk meyakinkan Anda, silakan coba bisa dilihat di Instagram. Para kaum muda banyak yang membahasa game ini dalam bentuk meme maupun info-info di akunnya. Ya, walau sebagian netizen ada yang belum ngeuh alias kurang update dengan kehadiran game ini. Sehingga, kadang di komentar pun tidak nyambung.

Berbasis Augmented-Reality 
Game besutan Nintendo dan Niantic ini merupakan game berbasis augmented-reality yang dikembangkan oleh Pokemon Company. Game berbasis augmented-reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Salah satu contoh game ini yang populer di Indonesia adalah Choki-Choki AR Boboiboy.

Walau game ini belum rilis resmi di Indonesia, namun berita viral di media sosial menjadikan game ini jadi trending. Game Pokemon Go ini bisa dimainkan di smartphone berbasis Android dan iOS. Keunikan game ini, pegguna harus keluar rumah untuk menangkap Pokemon yang tersembunyi di berbagai lokasi dunia nyata.
Sementara pihak developer game menyediakan beberapa item yang bisa dibeli dengan uang nyata. Tujuan dari item berbayar (in app purchase), salah satunya adalah untuk mempercepat pengembangan Pokemon yang dimiliki pemain.

Fakta dan Data Game Pokemon Go
1. Pengguna bisa melihat dunia Pokemon melalui layar smartphone sebagai viewfinder dari kamera perangkat. Nantinya, pemain akan melihat berbagai animasi dan objek 3D di layar tersebut.
2. Game ini dirilis di Australia, Selandia Baru, Jepang, dan Amerika Serikat.
3. GPS dan kamera belakang adalah dua piranti penting yang akan diminta diaktifkan dalam permainan Pokemon Go.
4. Sejak peluncuran game Pokemon Go pekan lalu, harga saham Nintendo terus meroket. Setelah naik 9,3% pada awal-awal peluncuran, harga saham perusahaan hari ini kembali melonjak hingga 24,52% atau sebesar 20.260 yen (USD193/Rp2,5 juta) - lonjakan tertinggi dalam satu hari sejak 1983.
5. Di luar negeri, game ini malah bisa dimainkan tanpa smartphone. Adalah Pokemon Go Plus, sebuah pin atau perangkat wearable yang bisa ditempel dalam lengan maupun sebagai kalung oleh pemain.
6. Setelah menangkap karakter monster, trainer (pengguna) harus melatih Pokemon yang telah ditangkap etrsebut. Pemain harus meningkatkan level dari Pokemon tersebut agar bisa semakin kuat. Kemudian, para Trainer bisa saling bertukar Pokemon. Pemain juga dapat berkompetisi dengan membuat Pokemon saling bertarung.
7. Pokemon Company dan pengembang game Niantic Labs baru menyebutkan rencana perilisan berikutnya di Kanada, Eropa, dan Amerika Selatan.
8. Meski belum dirilis resmi di sini, para pengguna dari Indonesia bisa menjajal game ini dengan mengunduh APK Pokemon Go. Namun pengguna harus hati-hati saat mengunduh dan menginstall di berbagai layanan source APK lainnya. Jangan sampai kena "jebatakan betmen" berisi malware atau program penyusup jahat lainnya. Kelemahan lainnya dengan mengunduh dari versi tidak resmi, adanya keterbatasan salah satunya tidak tersedianya Pokemon Trainer Club, fitur untuk membuat akun global dan bermain Trading Card secara daring.ini.