Newsticker

Dadang Naser dan Ridwan Kamil Mendapat Penghargaan Bidang Koperasi dan UMKM




Ratusan kepala daerah, baik kabupaten maupun kota yang berada di seluruh Indonesia menghadiri acara penyerahan penghargaan yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Kegiatan ini merupakan puncak peringatan Hari Koperasi ke-69 yang berlangsung di halaman Kantor Gubernur Jambi, Kamis (21/7/2016). Dalam acara ini, beberapa kepala daerah menerima penghargaan.

Penghargaan Kedua bagi Kab. Bandung
Dalam kesempatan kali ini, Bupati Bandung Dadang M Nasser mendapatkan tanda kehormatan yang diberikan sebagai bentuk penghargaan atas prestasinya dalam memimpin penyelenggaraan pembangunan daerah, khususnya di bidang pengembangan perkoperasian dan usaha kecil menengah. Penghargaan di bidang pengembangan koperasi dan UMKM yang diterimanya itu merupakan yang kedua kali dalam dua tahun terakhir. Tahun 2014, ia juga menerima penghargaan Bhakti Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

Begitu juga dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, mendapatkan Tanda Kehormatan Satyalencana Pembangunan tahun 2016. Penghargaan ini diraih atas jasanya dalam memimpin Kota Bandung yang berhasil menjadi pusat distribusi regional tempat berkumpulnya semua aktivitas perdagangan, industri dan jasa bagi daerah sekitarnya, juga atas komitmen dalam memajukan dan mengembangkan Koperasi dan UMKM untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Penghargaan Satyalancana Pembangunan merupakan anugerahkan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang dinilai memiliki integritas moral dan keteladanan. Serta telah berjasa besar terhadap negara dan masyarakat dalam lapangan pembangunan negara umumnya atau lapangan pembangunan dalam bidang tertentu pada khususnya.

Inovasi Koperasi dan Pengembangan UMKM Kota Bandung
Seperti diketahui, Pemkot Bandung telah melakukan beberapa inovasi dalam pengembangan koperasi dan UMKM. Beberapa di antaranya peluncuran aplikasi Gadget Mobile Application for License (GAMPIL) pada bulan Februari 2016; mempermudah pendaftaran usaha dan inovasi pinjaman lunak Kredit Melati (Melawan Rentenir); dan kerja sama pemasaran online melalui Facebook. (Ghina)