Newsticker

Tips Bagi pemudik yang Menggunakan Sepeda Motor






Memasuki minggu-minggu terakhir di bulan ramadhan, selain itikaf dan belanja kebutuhan hari raya, mudik juga menjadi salah satu agenda yang dinantikan oleh para muslim yang menjalankan ibadah puasa. 

Hal yang selalu menjadi agenda tahunan ini, seolah menjadi salah satu kewajiban yang dilaksanakan sebagai salah satu moment berkumpul dan merayakan hari raya idul fitri bersama kerabat tercinta. Apalagi jika kita berada diperantauan dan hanya dapat berilaturahmi dengan keluarga besar setahun sekali.

Selain menggunakan kendaraan angkutan masal seperti bus, kereta api, pesawat, mobil pribadi. Motor juga menjadi salah satu alternatif yang digunakan sebagai kendaraan untuk mudik. Tidak seperti saat mudik menggunakan mobil atau angkutan masal lainnya, mudik menggunakan sepeda motor haruslah lebih mengutamakan beberapa hal.

Inilah beberapa tips yang dapat digunakan para pengendara motor saat mudik;
1. Sebelum berkendara, pastikan fisik dan mental dalam kondisi sehat dan siap untuk berkendara, kemudian siapkan kelengkapan dalam berkendara,

2. Beberapa hal yang perlu disiapkan dalam berkendara motor seperti menggunakan helm SNI, mengenakan jaket pelindung dada dan celana panjang yang pas dan nyaman di tubuh.

3. Kemudian gunakan sepatu dan tidak dianjurkan menggunakan sandal dan bertelanjang kaki.

4. Jangan lupa membawa SIM dan STNK, pakai sarung tangan dan siapkan sabuk pengaman bila membonceng anak,

5. Pastikan kelayakan kendaraan seperti memeriksa tekanan angin ban, mengecek ketebalan alur ban, memeriksa rem depan dan belakang, lampu sign, stang dan lainnya.

6. Pastikan bensin sepeda motor terisi full atau mencukupi. Kemudian sesuaikan posisi kaca spion dengan benar agar pandangan lebih luas,

Selamat sampai kampung halaman.