Newsticker

Tanggul Kali Cigiringsing Longsor, Satu Rumah Ambruk




Hujan deras yang mengguyur Bandung pada Selasa sore hingga Rabu dinihari mengakibatkan rumah milik Supendi ambruk di  Kel. Pasir Endah, Kec. Ujungberung, Kota Bandung. Kejadian pada Selasa malam (07/06/2016). Hujan deras dengan intensitas lama mengakibatkan tanggul kali Cigiringsing longsor sepanjang 7 meter dan tinggi 5 meter. Kejadian tersebut berlangsung  sekitar pukul 22.00 WIB. Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa dan mengakibatkan kerugian material saja.

Rumah milik Supendi  yang berada di pinggir sungai Cigiringsing roboh akibat bagian dari tanggul sungai tersebut jebol dan bagian rumah pun ikut tergerus air yang meluap. Keluarga korban untuk sementara diungsikan ke rumah tetangga terdekat, begitu pula dengan barang-barang rumah tangga yang masih bisa diselamatkan.

Kejadian di RT 07 RW 03 Kelurahan  Pasir Endah ini meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga Supendi, dan untuk sementara hanya bisa mengharap mendapatkan bantuan dari pemeritah untuk bisa membangun kembali rumahnya yang rusak.

Pembersihan dan Pengangkatan
Pasca kejadian yang mengakibatkan kerusakan pada bagian tanggul sungai Cigiringsing beserta rusaknya rumah milik Supendi, jajaran pemerintahan setempat beserta DBMP Kota Bandung melakukan pembersihan dan pengangkatan puing-puing bangunan, pada Rabu (08/06/2016).

Bongkahan bangunan dan material lain akhirnya bisa diangkat walaupun melalui proses panjang. Hal tersebut terkendala oleh bahu bangunan yang masih menggantung dan perlu kehati-hatian untuk merobohkanya.

Dampak dari kejadian tersebut, tentunya akan meninggalkan beberapa pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dan pikirkan bersama yaitu proses pembangunan kembali rumah dan perbaikan tanggul yang longsor.

Menindaklanjuti hal tersebut,, pengurus setempat dan  pemerintah daerah berupaya agar pekerjaan rumah ini dapat diselesaikan, dan atas kerjasamanya dari semua pihak  Pemerintah Daerah melalui DBMP Kota Bandung untuk tanggul kali Cigiringsing yang longsor akan segera dibangun dan diperbaki  dalam waktu dekat ini secepatnya.  Sementara untuk permbangunan rumah yang ambruk , saat ini  menunggu bantuan dari semua pihak. (DW)