Newsticker

Ruas Jalan di Bandung yang Diberlakukan Tutup-Buka pada Peringatan Hari Lahir Pancasila




Dalam acara puncak, berbagai pertunjukan akan digelar dari pawai budaya, pertunjukan drum band dan napak tilas ke (bekas) Lapas Banceuy yang ada di sebelah barat Gedung Merdeka. Sementara bagi masyarakat diimbau untuk menyesuaikan rute perjalanan. Dipastikan beberapa ruas jalan di sekitar lokasi acara akan ditutup-buka. Dan masyarakat Bandung pun bisa datang ke lokasi acara untuk menyaksikan peringatan hari pidato Bung Karno terkait Pancasila.

"Besok pagi, acara pawai digelar dalam peringatan itu. Info hingga siang ini, Presiden dan pejabat tinggi akan hadir," kata Emil di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Selasa (31/5/2016).

Sebelum napak tilas, Presiden Jokowi akan membacakan pidato Bung Karno di Gedung Merdeka. Bung Karno menulis pidato itu saat menjalani masa pembuangan selama empat tahun di Ende, Nusa Tenggara Timur, sejak 1934. Sementara Ridwan Kamil kebagian peran membacakan Pancasila.

Ruas Jalan yang Diberlakukan Tutup-Buka
Jalan Asia Afrika sendiri akan diberlakukan tutup-buka dari pukul 07.00 - 14.00. Sementara Presiden Joko Widodo dan rombongan direncanakan akan tiba di Bandara Husein Sastranegara pada pukul 08.00-09.00. Rute yang dilalui pun akan ditutup sementara yaitu Jln. Pajajaran, Jln. Wastukancana, Jln. LLRE Martadinata, Jln. Merdeka, Jln. Jln. Lembong, Jln. Tamblong, dan Jln. Asia Afrika.

Menurut keterangan Wakil Kepala Satlantas Polrestabes Bandung Kompol Santiadjie Kartasasmita, ada beberapa ruas jalan lain yang ditutup selama acara. Selain Jalan Asia Afrika, penutupan dilakukan di persimpangan Tamblong, Jalan Cikapundung Barat, hingga Braga.

"Jalur itu akan ditutup untuk upacara," kata Santiadjie di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Selasa (31/5/2016).

Presiden Joko Widodo pun direncanakan akan mengumumkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dalam peringatan kelahiran Pancasila 1 Juni 1945 di Bandung, Rabu 1 Juni 2016. "Penentuan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila akan diumumkan besok melalui keppres," kata Juru Bicara Presiden Johan Budi Sapto Prabowo. Namun Johan belum mengetahui apakah Keputusan Presiden akan mengatur 1 Juni sebagai hari libur nasional.

Acara memang tidak berlangsung lama, Presiden harus segera kembali ke Jakarta. Meski demikian, pengamanan yang digunakan untuk kegiatan tersebut sesuai standar VVIP