Newsticker

Surat Edaran Harkitnas ke-108 Tingkat Kota Bandung




Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diperingati setiap tanggal 20 Mei setiap tahunnya. Pada tahun 2015 ini bertepatan dengan harkitnas yang ke-108. Pemerintah Kota Bandung sebarkan surat edaran tentang peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Bandung pada tanggal 18 Mei 2016.

Kebangkitan Nasional adalah masa bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Sebelumnya belum muncul selama masa penjajahan. Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908 dan ikrar Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.

Harkitnas ke-108 tahun 2016 tingkat Kota Bandung akan diselenggarakan pada 20 Mei 2016. Sekda Kota Bandung Yossi Irianto menyampaikan himbauan melalui surat edaran kepada SKPD, Camat dan Lurah beserta warga Kota Bandung agar memasang bendera merah putih satu tiang penuh pada Jumat 20 Mei 2016, mulai dari pukul 06.00 sampai pukul 18.00 WIB.

Sekda Kota Bandung, menghimbau agar membuat spanduk dengan logo lingkaran yang tertulis di dalamnya “108 TH” dan di bagian luar di isi dengan tulisan “ Kebangkitan Nasional Ayo Kerja” yang melingkari lingkaran tersebut. Sedangkan untuk tema yang harus dipasang di spanduk tersebut adalah ”Mengukur makna dan Kebangkitan Nasional dengan mewujudkan Indonesia yang bekerja nyata, mandiri dan berkarakter”.