Newsticker

Puncak Peringatan Hari Pidato Pancasila Bung Karno Digelar di Gedung Merdeka, Rabu 1 Juni 2016




Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada Rabu (1/6/2016) bakal digelar di Bandung. Direncanakan Presiden Joko Widodo akan hadir mengikuti acara ini. Jokowi akan hadir bersama para pimpinan lembaga lainnya. Sementara untuk lokasi acara rencananya akan dipusatkan di Gedung Merdeka, Jln. Asia Afrika. Dari pengamatan hari Selasa (31/05/206) sudah terlihat bendera dan spanduk-spanduk bernuansa Bung Karno sudah dipasang.

Persiapan ini bahkan ditinjau langsung oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Zulikifli Hasan didampingi Sekretaris Jenderal MPR RI Ma'ruf Cahyono. Rombongan dari MPR tersebut menilai persiapan sudah baik dan berharap tidak ada gangguan apapun selama acara berlangsung. Sementara pada pukul 1 siang hingga sore, terlihat digelar gladi persiapan.

Untuk mendukung event ini, Pemkot Bandung menggelar sejumlah perlombaan. Salah satunya, lomba mirip Bung Karno. Ridwan Kamil akan menggunakan media sosial dimana pesertanya se-Indonesia yang dinilai lewat sosial media. Kegiatan pendukug lainnya yakni akan digelar lomba sketsa dan puisi tentang Bung Karno. Hadiah lomba ini langsungd dari Wali Kota sendiri. Lomba-lomba tersebut merupakan salah satu cara Pemkot Bandung untuk mengenang jasa sang proklamator.

Bung Karno dan Bandung
Bandung bagi Bung Karno bukan hanya sebuah kota yang pernah disinggahinya. Presiden pertama Republik Indonesia ini menjadikan Bandung sebagai kawah candradimuka. Beliau pernah mengenyam pendidikan di kampus yang kini dikenal dengan ITB. Kisah kehidupan penuh romantika pun dijalaninya dengan Ibu Inggit. Faham Marhaenisme pun ia dapatkan di Bandung.

Perlawanan terhadap penjajah pun, mengabadikan kisah sang Putra Fajar ini di Gedung Indonesia Menggugat. Kisah pergerakan nasional dengan tokoh-tokoh nasional lainnya juga dirasakan di Bandung. Bahkan, pengapnya penjara Banceuy dan Sukamiskin pernah ia rasakan. Hingga nama Indonesia di kancah percaturan dunia pun ia bangkitkan dengan menggelar Konferensi Asia Afrika 1955 di Gedung Merdeka. Dan penyampaikan pidato tentang Pancasila, pertama kalinya juga terjadi di Bandung 71 tahun yang lalu. Kini saatnya momen bangkitnya ras nasionalisme itu dihidupkan kembali di Bandung pada Rabu, 1 Juni 2016.

Keppres Hari Lahir Pancasila
Presiden Joko Widodo akan mengumumkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dalam peringatan kelahiran Pancasila 1 Juni 1945 di Bandung, Rabu 1 Juni 2016. "Penentuan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila akan diumumkan besok melalui keppres," kata Juru Bicara Presiden Johan Budi Sapto Prabowo. Namun Johan belum mengetahui apakah Keputusan Presiden akan mengatur 1 Juni sebagai hari libur nasional.