Newsticker

Kurangi Potensi Teroris dan Narkoba, Emil Luncurkan Rapor Kemasyarakatan




Program inovasi baru dari Pemkot Bandung yaitu, rapor indeks kemasyarakatan untuk warga Bandung, ​yang telah diluncurkan oleh  Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, pada Senin 16 Mei 2016.

Program inovasi terbaru Wali Kota Bandung ini bertujuan supaya peradaban di Kota Bandung selalu guyub, ramah dengan sesama dan selalu mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

“Mau merah apa biru? Karena Kota Kita Tanggung Jawab Kita.” Tanya Emil lewat akun media sosial

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini meluncurkan sebuah program untuk menilai indeks kemasyarakatan warga Kota Bandung, dimana program inovasi baru ini disebarkan melalui akun media sosial (Facebook) Ridwan Kamil dan untuk sosialisasi via format tertulis akan dilakukan sebulan ke depan.

Warga Bandung, mulai tahun 2016 ini siap-siap anda akan diberi rapor indeks kemasyarakatan oleh RT/RW setempat,denggan ketentuan sebagai berikut:

Jika anda malas gotong royong, malas rapat RT, malas kerja bakti, telat melulu bayar PBB, jarang bergaul, depan rumahnya kotor, dipasti anda akan medapat rapornya merah.

Sebaliknya jika anda aktif dan kontributif,  anda pasti akan mendapat rapornya biru. Sehingga program pengawasan berjenjang ini juga bisa mengurangi potensi bersembunyinya terorisme atau kampung narkoba yang biasanya bermukim di kampong-kampung kota yang anti sosial.

Adapun penilaian terhadap RT/RW, Lurah dan Camat akan mendapatkan rapor sesuai dengan tingkatannya. RT/RW  akan diberi rapor berjenjang oleh warga juga kelurahan. Sedangkan Lurah/Camat akan diberi rapor secara langsung oleh Walikota.

Jika RT/RW malas dan suka pungli, warga  dapat memberi rapor evaluasi RT, RW, Lurah dan Camat via website SIP.Bandung.go.id. dan via format tertulis yang akan disosialisasikan bulan ke depan. (DW)