Informasi

IKAPI Jawa Barat Kembali Gelar Gerakan Berbagi Buku




Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Jawa Barat dari waktu ke waktu secara aktif memperingati Hari Buku Nasional (HBN) yang jatuh setiap tanggal 17 Mei dengan berbagai kegiatan, seperti pemecahan rekor MURI pembagian buku, kampanye membaca di ruang publik, hingga pencanangan Bandung sebagai World Book Capital.

Pada tahun ini, IKAPI Jabar kembali menggelar peringatan HBN dengan mengangkat semangat “kolaborasi warga masyarakat dalam menjadikan buku sebagai basis peradaban bangsa.” Tepat Hari Minggu 22 Mei 2016 di Dago Car Free Day Bandung, dicanangkan "Gerakan Berbagi Buku Berbagi Baca" oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa.

Sebuah gerakan kolaboratif mengumpulkan buku-buku (baru maupun bekas) dari masyarakat untuk masyarakat, dalam rangka mendukungan aktivitas literasi nasional untuk membangun peradaban bangsa Indonesia.

Apa Itu 'Gerakan Berbagi Buku Berbagi Baca' (GB4)? Gerakan Berbagi Buku Berbagi Baca (B4) merupakan gerakan yang dilakukan oleh masyarakat sipil dengan didukung oleh pemerintah guna membangun budaya membaca buku melalui kolaborasi masyarakat dalam bentuk pengumpulan buku (baru maupun bekas) yang dikelola secara terorganisasi oleh satuan relawan untuk kemudian dipercayakan penggunaannya kepada Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang aktif dalam rangka pendukungan aktivitas literasi nasional.

Pengumpulan buku dilaksanakan selama 30 hari terhitung sejak tanggal 22 Mei-22 Juni 2016. Adapun tujuan Gerakan Berbagi Buku Berbagi Baca (GB4) ini adalah :
1. Terbangunnya kolaborasi antarpihak dalam menjadikan buku sebagai basis peradaban bangsa,
    khususnya di kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat.
2. Terkumpulnya 100.000 eks buku dari masyarakat.
3. Terbaginya buku tersebut kepada 1000 Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang tergabung dalam
    Forum TBM Jawa Barat.
4. Bergeraknya 1000 TBM untuk menjangkau 1juta pembaca dengan 100.000 buku yang diperoleh
    dari masyarakat.