Informasi

Gali Potensi Diri, Mahasiswa PLS UPI Gelar Ekspedisi di ECO Bambu Cipaku




Mahasiswa  Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Universitas Indonesia (UPI) mengadakan ekspedisi kajian yang bertemakan "Bersama mengkajian keilmuan PLS dan bersama menggali potensi diri dalam rangka menumbuhkan semangat potensi ke-PLS an." Bertempat di Sanggar Seni dan Budaya Eco Bambu Cipaku.

Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah, untuk membentuk kelompok-kelompok kajian yang memang linier dengan pendidikan luar sekolah, yang mana para peserta yang hadir akan mendapatkan bimbingan untuk membentuk sebuah kelompok.

Dari hasil kelompok ini, nantinya mereka akan mengkaji keilmuan PLS dan akan membuat kegiatan baik itu proyek dengan dosen ataupun mengangkat isu-isu pendidikan luar sekolah lainnya.

Menurut ketua pelaksana Ekspedisi kajian ini, Akhmad, tema yang di ambil kali ini bertujuan untuk membantu para mahasisawa yang ikut agar dapat  menggali potensi masing-masing,

"Ekspedisi ini diadakan  untuk mengkaji keilmuan PLS, serta menggali potensi diri agar para mahasiswa ini dapat menemukan apa yang menjadi keminatan didalam menggembangkan  profesi Pendidikan luar sekolah"

Kajian yang diadakan pada tanggal 26-27 Mei 2016 ini memiki tiga Fokus  yaitu, kajian tentang pelatihan, pemberdayaan masyarakat, pendidikan non forman dan informal.

Salah satu Dosen UPI, Viena Rusmiati Hasanah, juga  mengungkapkan harapannya pada para peserta yang mengikuti ekspedisi yang di adakan selama dua hari tersebut.

"Saya berharap mereka bisa lebih menekuni profesi Pendidikan Luar Sekolah ini" Ujar Salah satu dari dosen Pendidikan Luar Sekolah.

Salah satu Peserta kajian ini, Agus Elga Uyuandi, mengungkapkan kesannya selama mengikuti kajian Ekspedisi 2016 ini, Agus mengungkapkan bahwa kegiatan kajian ini sangat menarik dan sangat menambah wawasan serta menumbuhkan semangat terkait profesi ke-PLSan nanti.

"Dengan adanya kegiatan kajian ini banyak hal yang saya dapat, terutama terkait dengan kajian yang saya pillih, yaitu pemberdayaan masyarakat"

Mahaswa PLS angkatan 2015 ini juga menambahkna agar kegiatan ini lebih ditingkatkan lagi dan lebih diperhatikan terkait dengan tujuan serta outcome dari kegiatan kajian tersebut.