Newsticker

Festival Anak Bertanya di Kota Bandung Menarik Minat Anak dan Orangtua




Acara Festival Anak Bertanya yang mengusung tema "Membuka Cakrawala, Mematri Cita-cita" berlangsung pada 29 Mei 2016 dari pukul 08.30-16.45 dilaksanakan di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB, Jln Tamasari, Bandung, Jawa Barat.
.
Acara yang menghadirkan 32 komunitas kreatif dan layanan pembelajaran yang berupa stand-stand ini ramai dikunjungi anak-anak serta keluarga. Beberapa stand diantaranya terdiri dari: SOS Children's Villages Indonesia, Langitselatan, Observatorium Bosscha, dan Damkar Bandung.

Festival Anak Bertanya 2016 merupakan acara ke-2 setelah sebelumnya berlangsung tahun 2015. Acara yang diselenggarakan oleh Komunitas Anak Bertanya bekerjasama dengan Sabuga ITB ini sebelumnya hanya berfokus mewadahi pertanyaan anak-anak di website anakbertanya.com.

Setelah melihat respons yang luar biasa, akhirnya pada tahun  2015 pertanyaan anak-anak yang telah dijawab para pakar ini dikembangkan menjadi buku Anak Bertanya, Pakar Menjawab yang terdiri dari jilid 1a, jilid 1b, dan jilid 2a, 2b.

Sasaran acara ini adalah anak-anak usia sekolah dan orangtua. Menurut salah satu panitia, acara ini digagas oleh Hendra Gunawan, pendiri anakbertanya.com dan beliau sangat peduli terhadap pendidikan anak-anak.

Acara ini dihadiri juga oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana. Dalam sambutannya Elih mengungkapkan peranan orang tua jangan  hanya mengantarkan anak ke sekolah, padahal keluarga jadi penguatan pembelajaran lanjutan bagi anak.

"Para orangtua hendaknya jangan hanya mengantar anak tetapi sekaligus juga belajar, agar di rumah atau keluarga juga terjadi penguatan pembelajaran lanjutan. Ini penting agar sinergi antara pendidikan anak di keluarga, sekolah, dan lembaga layanan pendidikan di masyarakat (nonformal)."

Elih juga mendorong masyarakat intelektual kota Bandung untuk mengembangkan komunitas layanan pendidikan nonformal sesuai potensi yang dimilikinya, sehingga memperkaya sumber belajar yang ada di Kota Bandung.