Newsticker

Diskominfo Kota Bandung Gelar Bimbingan Teknis Manajemen Komunikasi




Pada Kamis, 19 Mei 2016, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung menggelear "Bimbingan Teknis Manajemen Komunikasi sebagai Jembatan Jnformasi" bagi pengurus Forum KIM Bandung Juara dan KIM Kelurahan se-Kota Bandung. Kegiatan ini digelar diHotel Grand Pacifik Jln. Pasir Kaliki No. 100 Bandung.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pengurus KIM di Kota Bandung. Bimbingan teknis manajemen komunikasi ini dihadiri oleh 167 peserta, dengan menghadirkan pemateri dari Bapeda, Bagian Pemerintahan Umum, BKBPM dari Pemerintahan Kota Bandung, dan Pimpinan HU Tribun Jabar.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Bidang Diseminasi Informasi, Eli Harliani, dan bersamaan dengan itu diluncurkan pula Majalah Dinding KIMMERS Bandung Juara oleh Diskominfo Kota Bandung berikut perkenalan susunan tim redaksi Mading oleh Kepala Seksi Pengolahan Data dan Informasi, Tetty Siti Hasanah.

Adapun susunan Tim Redaksi Mading KIMMERS Bandung Juara terdiri dari Pelindung Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Penangung jawab Forum KIM Bandung Juara, Pimred Wahyu Udin, Wapimred Ace Suryaman, Sekretaris Dadang Saputra dan Bendahara Ratu Erly Indiyani.

Komunikasi Efektif Pemerintah dengan Masyarakat
Kepala Diskominfo  Kota Bandung, Asep C Cahyadi, menyampaikan, komunikasi efektif menjadi satu kebutuhan mendasar dalam semua aspek kehidupan, karena dengan komunikasi efektif, maka apa yang ingin kita sampaikan dapat dipahami dan mendapatkan respon sesuai dengan yang diharapkan.

“Perlu membangun komunikasi yang efektif antara pemerintah dengan masyarakat, pemerintah dengan pemerintah, dan masyarakat dengan masayarakat, termasuk dalam hal ini, tugas KIM dalam rangka melaksanakan peranan dan fungsinya sebagai jembatan informasi unutk mensosialisasikan program pembangunan, membangun jaringan kemitraan dengan kelompok lain dan aspirasi masyarakat,” tutur Asep

Dalam beberapa tahun terakhir ini KIM berperan sebagai jembatan informasi, penyambung lidah, relawan informasi, sekaligus Jurnalisme warga, baik melalui media sosial Facebook, Twitter, Blogspot, Website, maupun SMS dan media informasi lainya.

Namun dalam perkembanganya, KIM yang keanggotaanya terdiri dari berbagai organisasi masyarakat di kelurahan, masih dihadapkan pada berbagai kendala di lapangan. Peranannya pun dirasa belum optimal dan perlu dukungan, baik itu dalam hal peningkatan kualitas SDM, bidang kemampuan komunikasi dan penyampaian informasi, maupun dalam bentuk dukungan penganggaran. Hal ini agar program kerja KIM dapat dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan aturan perundang-undangan. Asep menambahkan, target lain dari kegiatan ini adalah melalui kegiatan ini adalah untuk silaturahmi sesama pengurus KIM dan aparatur wilayah khususnya.

Terakit dengan launcing Majalah Dinding KIM Kota Bandung (KIMMERS), Asep mengucapkan selamat atas terbitnya Mading hasil karya para KIMMERS Kota Bandung. Ia berharap Mading ini bisa menjadi sebagian karya nyata dalam menyampaikan informasi pembangunan di wilayahnya serta membantu pemerintah dalam mensosialisasikan program pembangunan kewilayahan secara umum.