SMAN 20 Bandung Resmikan Toilet Ramah Lingkungan dan Taman Gerbang Ilmu






SMAN 20 Bandung telah meresmikan toilet Ramah Lingkungan dan Taman Gerbang Ilmu pada Rabu 27April 2016. Acaea peresmian ini di hadiri secara langsung oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan dihadiri pula oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana, Unsur Muspika, dan beberapa kepala sekolah SMP di Kota Bandung.

Seiring dengan upaya untuk meningkatkan fasilitas pendidikan sekolah di Kota Bandung, pihak pengelola sekolah SMAN 20 berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang baik untuk para peserta didiknya.

Peningkatan fasilitas pendidikan tersebut didasari atas anjuran Menteri Pendidikan Anies Baswedan yang menginstruksikan supaya setiap sekolah menciptakan lingkungan  yang nyaman sebagaimana layaknya taman.

SMAN 20 Bandung di bawah pimpinan Yeni Gantini telah membangun 3 buah taman di sekolah, yakni Taman Gerbang Ilmu yang berada tepat di gerbang masuk sekolah, Taman Inspirasi yang berada di tengah lingkungan sekolah, dan Taman Asri yang bertempat di luar gerbang mengelilingi komplek sekolah. Selain membangun taman, dibangun pula toilet Ramah Lingkungan yang memiliki desain modern dan sehat.

Kepala Sekolah SMAN 20 Bandung Yeni Gantini, tengah melaksanakan program Principal Reading Challenge. Program ini mengharuskan para siswa untuk membaca buku setiap hari, minimal 10 menit sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung..

“Buku yang dibaca adalah buku non mata pelajaran,  yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa, hal ini karena menurut jurnal PBB, rata-rata orang Indonesia hanya membaca 27 halaman perorang pertahun,” tutur Yeni

Yeni menambahkan,  bahwa untuk mendukung program tersebut, di setiap kelas terdapat perpustakaan mini. Beberapa rak berisi buku-buku juga menghiasi berbagai sudut sekolah, seperti taman dan aula sehingga siswa bisa membaca di mana saja dan kapan saja dengan suasana yang nyaman dan asri.

Selain program wajib membaca, SMAN 20 juga memiliki program video conference dengan siswa di seluruh negara ASEAN

“Di sekolah ini setiap hari Jumat selalu dilaksanakan video conference dengan para siswa di negara-negara ASEAN, yang bertujuan supaya anak-anak lebih siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),” papar Yeni.

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS