Newsticker

Pemilihan Ketua IKA Unpad 17 April 2016 di Jatinangor





Tiga kandidat siap bertarung dalam pemilihan Ketua Ikatan Alumni Unpad. Berikut ini profil calon Ketua IKA Unpad tersebut:
1.  Hikmat Kurnia
Alumni Fakultas Ilmu Bahasa (dulu Fakultas Sastra), angkatan 1986. Alumni Jurusan Sejarah ini pendiri AgroMedia, sebuah penerbit yang berkonsentrasi pada buku pertanian. Hikmat mengunggulkan tiga program kerja seperti pembentukan career development center, klinik konsultasi dan inkubator bisnis, serta penguatan jaringan kerja dan usaha antaralumni.

2. Yuddy Chrisnandi
Alumni Fakultas Ekonomi Bisnis angkatan 1986. Ia pernah menjabat sebagai anggota DPR pada periode 2004 - 2009 dan  periode 2009 - 2014.  seorang politisi yang mengawali karier politik di Partai Golongan Karya (Golkar).  Pada 2004, Yuddy dipercaya untuk memegang posisi sebagai Ketua Departemen Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi DPP Partai Golkar untuk periode 2004-2009. Bahkan ia sempat masuk kedalam jajaran Calon Ketua Umum Partai Golkar pada 2009.

Untuk IKA Unpad, pria yang menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tersebut akan menggulirkan program-program tersebut antara lain beasiswa, IKA Unpad Forum, Career Development Center, IKA Unpad Festival, dan Dana Abadi IKA Unpad.

3. Ahmad Doli Kurni
Alumni Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, angkatan 1991. Pria kelahiran Medan ini dikenal sebagai politikus. Sepanjang perjalanan sebagai aktivis, ia dikenal aktif di sejumlah organisasi seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) periode 2008 - 2011.

Jabatan terakhirnya sebagai Ketua DPP Partai Golongan Karya. Untuk alumni, ia ingin menjadikan IKA Unpad sebagai simpul pemersatu yang mampu menjembatani sarana komunikasi alumni, almamater, dan masyarakat secara luas.

Pemilihan yang merupakan satu rangkaian acara dengan musyawarah besar (mubes) dan reuni akbar akan diselenggarakan pada 17 April 2016 bertempat di Bale Santika, Kampus Unpad Jatinangor. Berdasarkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD-ART) IKA Unpad, pergantian Ketua Umum harus dilakukan setiap 4 tahun. Untuk kepemimpinan periode 2016 - 2020. Ketua yang terpilih pun akan mewakili alumni Unpad untuk duduk sebagai anggota majelis wali amanah (MWA) Unpad.

Ketua IKA Unpad yang baru akan menggantikan Dr. Sapta Nirwandar. Ia sebelumnya adalah adalah Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2011 - 2014. Sementara anggota IKA Unpad sampai saat ini berjumlah lebih dari 200.000 orang.