Newsticker

Panorama Alam, Ciri Khas Pariwisata Kabupaten Bandung




Pengelolaan kawasan wisata yang berwawasan lingkungan menjadi prioritas utama Pemkab Bandung. Kelestarian alam merupakan modal utama pariwisata Kabupaten Bandung. Dari sekian banyak lokasi wisata alam, hampir semua menawarkan panorama alami. Kondisi inilah yang terus dipertahankan oleh Pemerintah Kabupaten Bandung, sebagai modal penting serta ciri khas pariwisata di wilayah ini.

Keberhasilan Kabupaten Bandung dalam mengelola kawasan pariwisata juga ditandai dengan pembentukan 10 Desa Wisata pada tahun 2013. Kesepuluh desa wisata ini memiliki ciri khas masing-masing dan meilbatkan masyarakat sekitar. Salah satunya dengan membuat peraturan yang pro perekonomian masyarakat lokal seperti di Kawah Putih Ciwidey. Di tempat wisata ini, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dikenakan biaya progresif guna memberikan alternatif angkutan masyarakat sekitar.

Berikut beberapa lokasi wisata alam berwawasan lingkungan yang ada di Kabupaten Bandung.

1. Air Terjun Culug Cinulang
Curug Cinulang atau Air Terjun Sindulang terletak di Desa Tanjungwangi, Kecamatan Cicalengka. Jarak tempuh hanya delapan kilometer dari Jalan Raya Cicalengka ke arah utara. Dengan ketinggian air terjun 50 meter memiliki topografi alam berbukit dan dikelilingi hutan pinus yang asri. Curug Cinulang menawarkan pemandangan alam dan Kota Bandung dari ketinggian.

2. Kawah Putih
Lokasi wisata Kawah Putih ini sudah terkenal sejak tahun 1987 setelah dikembangkan oleh PT Perhutani (Persero) Unit III Jawa Barat. Kawah Putih Berada di wilayah Kecamatan Ciwidey. Kawah Putih Terbentuk dari proses alam sehingga menghasilkan panorama alam yang indah dan unik. Lokasi ini merupakan favorit kunjungan wisatawan di Kabupaten Bandung.

3. Cimanggu Hot Spring Water
Kolam pemandian air panas Cimanggu berada pada ketinggian kurang lebih 1.100 m di atas permukaan laut dan terletak di wilayah selatan Bandung, tepatnya di Rancabali. Di sekitar tempat pemandian ini, terdapat hamparan perkebunan teh yang luas. Sehingga pengunjung dapat menikmati jalan santai serta menghirup kesejukan udara dan keindahan alam. Saat ini telah tersedia cottage dengan sarana memadai untuk pariwisata.

4. Rancaupas
Ini salah satu lokasi bumi perkemahan yang ada di Kabupaten Bandung. Dengan suasana alam perbukitan 1.700 mdpl, menawarkan hawa sejuk (18-23 derajat celcius) sepanjang hari. Dengan luas 215 hektare, di wilayah ini juga terdapat area penangkaran rusa seluas 4-5 hektare dan cocok untuk membawa keluarga untuk berlibur di sini.

5. Walini
Walini berada sekitar 46 km dari Kota Bandung, dengan menawarkan pesona perkebunan teh yang luas serta tersedianya tempat pemandian air panas. Melimpahnya sumber air panas dan hadirnya bungalow, retoran, ATV adventure dan flying fox mejadikan wilayah ini banyak dikunjungi wisatawan.

6. Kawah Cibuni
Kawah Cibuni terletak di kaki Gunung Patuha dan termasuk salam kawasan Perkebunan Teh Rancabali dan afdeeling Rancabali II. Daerah tempat wisata ini disebut Cibuni, karena berada di Perkebunan Teh Cibuni, Ciwidey. Jarang tempuh dari Kota Bandung kurang lebih 50 km,dan tidak jauh dari Cagar Alam Telaga Patengan.

7. Situ Patenggang
Situ Patenggang atau Situ Patengan merupakan sebuah danau yang berada di ketinggian 1600 mdpl. Danau ini memiliki pemandangan alam yang sangat eksotik dan asri. Hamparan kebun teh menambah suasana alam semakin indah, ditambah dengan udaranya yang sangat sejuk.

8. Cibolang Hot Spring Water
Memiliki latar pegunungan  merupakan pemandangan menarik yang dapat dinikmati di Cibolang Hot Spring Water ini. Secara administratif, kawasan pemandian ini terletak di Desa Wayang Windu, Kecamatan Pangalengan. Cibolang Hot Sprig Water memiliki luas sekitar dua hektare dan terletak di RPH Wayang Windu, BKPH Pangalengan, KPH Bandung Selatan.

9. Pangalengan dan pesona alamnya
Pangalengan merupakan sebuah kota kecil sekitar 45 km dari Kota Bandung ke arah selatan. Daerah ini terkenal sebagai penghasil aneka sayuran hijau yang dikirim ke beberapa kota di Indonesia. Pangalengan dikenal juga sebagai daerah pertanian, peternakan, serta perkebunan teh dan kina yang dikelola oleh PTPN. Pangalengan juga dikenal sebagai penghasil susu terbesar di Kabupaten Bandung. Lokasi ini sering dimanfaatkan sebagai tujuan wisata outbound dan agrowisata.