Newsticker

Menjelang Ramadan dan Lebaran, Mensos Tinjau Gudang Bulog




Menteri  Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa, Selasa (19/4/2016), melakukan kunjungan ke Gudang Bulog Cimindi Divre Jawa  Barat, Jl. Mahar Martanegara, untuk  mengecek persediaan beras di badan yang mengurus masalah logistik tersebut. Kunjungan tersebut merupakan untuk mengecek persediaan menjelang  datangnya bulan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri, Juni-Juli mendatang.

Melalui kunjungan tersebut, Mensos mengetahui persediaan beras mencukupi dalam menghadapi  dua momen  besar  tersebut,  bahkan diperkirakan "aman" hingga Agustus 2016.

Khofifah meminta kepala daerah segera mengeluarkan surat perintah alokasi (SPA) agar beras untuk keluarga sejahtera (rastra)  bisa secepatnya tersalurkan kepada rumah tangga sasaran, sehingga umat Islam  memiliki  persediaan yang cukup menghadapi  Ramadan dan Lebaran.

"Masyarakat akan merasa tenang dengan tercukupinya kebutuhan pokok seperti beras saat Ramadan," ujar Mensos.

Tepat Sasaran Rastra
Menteri juga menyinggung kualitas beras yang lebih baik bahkan meningkat secara signifikan dari awal tahun 2016. Ia berharap hal itu  mampu  dipertahankan dan diawasi oleh seluruh aparat dari mulai gudang Bulog hingga ke tangan masyarakat. Ia pun berharap setiap rumah tangga sasaran dapat menerima rastra 15  kilogram secara utuh sehingga bisa mengentaskan kemiskinan.

Khofifah memuji  Jabar yang mampu menyalurkan rastra hingga 91 persen, sedangkan  penyaluran secara nasional baru 87 persen. Menteri juga menyinggung pembagian rastra ke daerah-daerah yang secara geografis jauh tidak bisa dilakukan setiap bulan. Seperti penyaluran ke Pulau Meranti dan Kepulauan Mentawai yang baru bisa dilakukan dalam tiga hingga enam bulan sekali karena biaya  distribusi yang tinggi.

Mengalokasikan 21,8 Triliun
Pemerintah mengalokasikan dana Rp 21,8 triliun untuk bantuan pangan dalam APBN 2016. Setelah  disubsidi  pemerintah,  rumah tangga sasaran hanya harus membayar harga Rp 1.600 per kilogram. Khofifah  meminta pemerintah daerah ikut membantu penyaluran rastra dari APBD, sehingga tidak membebani masyarakat.

Dalam  kunjungan ke gudang Bulog ini, Mensos antara  lain didampingi Kepala Bulog Divre Jawa Barat Alif Afandi dan Kepala Dinas Sosial Jawa Barat Arifin Kertasaputra. (NAF)