Newsticker

Kerja Sama Commercial Operating Date PLN dengan Tirta Gemah Ripah




Kamis, (07/04/2016), PLN Distribusi Jawa Barat beserta PT Tirta Gemah Ripah melakukan penandatanganan kerja sama berita acara Commercial Operating Date (COD). Ini merupakan kerja sama Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) Cirompang, Kabupaten Garut  yang memiliki kapasitas 8 Megawatt. Penandatanganan berita acara ini dilakukan oleh General Manager PLN distribusi Jawa Barat dan Direktur Utama Tirta Gemah Ripah.

Penenadatanganan ini disaksikan secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan di Gedung Pakuan Jln. Cicendo No.1 Bandung. General Manager PLN Distribusi Jawa Barat, Iwan Purwana mengatakan, kerjasama ini dapat menghasilkan pendapatan Rp 50 Milyar per tahun untuk PT Tirta Gemah Ripah. Bagi PLN dan masyarakat Jawa Barat dapat meningkatkan elektrifikasi dengan energi terbarukan.

Manfaat yang dapat diperoleh bagi PLN dan masyarakat Jawa Barat pada umumnya, yaitu dapat meningkatkan rasio elektrifikasi dengan energi terbarukan. Saat ini tersedia energi baru dan terbarukan sebesar 5% dari kapasitas pembangkit. PLN menargetkan pemanfaatan energi baru dan terbarukan sebesar 25% di tahun 2025. Adapun harga beli energi listrik PLN kepada PT Tirta Gemah Ripah sebesar Rp 656/kWh. Sementara Harga jual PLN Distribusi Jawa Barat secara rata-rata kepada konsumen sebesar Rp 978/kWh.

PLTM Cirompang
PLTM ini sendiri memanfaatkan aliran Sungai Cirompang yang berada di Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut. Cara kerjanya memanfaatkan aliran Sungai Cirompang yang dialirkan lewat pipa serta menggerakan empat turbin.

Konstruksi PLTM tersebut terdiri dari bangunan Intake (bangunan sadap), Sandtrap (bangunan pengendap pasir), Saluran pembawa beserta Tunnel (terowongan) dengan panjang ±173 meter mengumpulkan air adalah Headpond (kolam penenang) untuk diterjukan ke dalam Penstock (pipa pesat) dengan panjang sekitar 2 km Lalu, masuk ke turbin dan generator di dalam Power House (Gedung pembangkit).

Bagi pengusaha atau masyarakat yang ingin berbisnis Pembangkit ramah lingkungan di Provinsi Jawa Barat dapat menghubungi Tim Beli Tenaga Listrik di PLN Distribusi Jawa Barat, Jalan Asia Afrika No. 63, Bandung.