Newsticker

Iwan, Anggota Kelompok Penyanyi Jalanan yang Memiliki Suara Iwan Fals




Memiliki suara mirip Iwan Fals, serta wajah yang juga hampir mirip dengan salah seorang penyanyi legendaris Indonesia ini membuat salah seorang Kelompok Penyanyi Jalanan yang bernama Iwan, sering di sebut duplikat dari iwan Fals atau lebih di kenal dengan Iwan "Palsu".

Dikarunia suara dan wajah yang menyerupai musisi senior di Tanah Air, membuat pria kelahiran Kota Bogor ini , rela hijrah dari tanah kelahirannya untuk dapat meniti karir yang lebih baik ditanah Pasundan.

Pria berusia 47 Tahun ini, Sudah bergabung dengan Kelompok Penyanyi jalanan (KPJ) Jawa Barat sejak Tahun 1985, yang kemudian KPJ ini mulai diresmikan pada Tahun 1990.

Dibawah pimpinan Chardi Suartono selaku ketua KPJ Jawa Barat, Kota Bandung sampai saat ini telah  memilik 500 anggota KPJ, yang berpusat dikawasan lapangan Sidolig Bandung.

“Agenda Tahunan KPJ Jawa Barat adalah melaksanakan sunatan masal, Malam seribu Bulan (silaturahmi seniman pada malam Lailatul Qadar), peduli bencana alam, kawin masal dan masih banyak kegiatan lainnya,” tutur Iwan saat diwawancara setelah selesai  melaksanakan tugas menghibur peserta diskusi, dengan suara emasnya di Gedung Indonesia Menggugat.

Spesialis penyanyi lagu balada ini sering membawakan lagu keritikan sosial, dan menyuarakan suara rakyat dari panggung ke panggung, baik tampil secara solo atau pun bersama Band KPJ Jawa Barat.

“Sukanya menjadi penyanyi apabila bisa menghibur penonton dan mendapatkan bayaran, sementara dukanya apabila dihareharekeun (tidak mendapat respons dari penonton), bahkan pernah tidak dibayar. Pernah juga dibayar dengan beras, yang tidak sesuai jumlahnya dengan nilai upah yang biasa diterima ” papar Iwan saat ditanya suka dan duka menjadi seorang penyanyi

Dalam kesehariannya, pria yang menekuni dunia menyanyi sejak SMP secara otodidak ini memiliki kesibukan sebagai aktifis lingkungan, dimana dalam setiap kegiatannya diisi dengan kegiatan sosial, diantaranya mengumpulkan donasi dari hasil ngamen bersama KPJ Jawa Barat. Kemudian dari hasil ngamen itu dikumpulkan, untuk membantu anak jalan agar bisa sekolah secara gratis, dan menyediakan  perpustakaan  jalanan.

Dari hasil menekuni keahliannya di bidang tarik suara, pria yang memiliki empat anak ini mampu menafkahi keluarganya. Bahkan, Iwan mengaku dapat membiayai semua anaknya sekolah hingga ke bangku kuliah.