Informasi

Wakil Bupati Bandung Hadiri Korsup KPK dan Kementerian ESDM





Rabu, 13 April 2016, Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan menghadiri acara Koordinasi dan Supervisi Sektor Energi Tahun 2016. Acara ini bertempat di Shangrila Hotel, Jln. Mayjen Sungkono 120, Surabaya. Gun Gun mewakili Bupati Bandung Dadang M Naser yang berhalangan untuk hadir.

"Belajar dari pengalaman koordinasi dan supervisi mineral dan batu bara  (korsup minerba) yang sudah mampu melahirkan pengelolaan mineral dan batu bara lebih baik, sektor energi diharapkan bisa menghasilkan yang sama," kata Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Teguh Pamudji dalam sambutannya.

Dia menjelaskan, korsup sektor minerba berhasil mampu memperbaiki tata kelola pertambangan mineral dan batu bara baik. Hal ini menyangkut aspek perizinan, kewajiban keuangan, monitoring produksi, kewajiban pengelohan, pemurnian, monitoring, evaluasi sekaligus pengawasan yang terkait dengan pengangkutan dan penjualan komoditi minerba.

"Pelaksanaan korsup juga harus mampu membawa pesan yang kuat bahwa memang terdapat berbagai persoalan dalam mengelola energi baik yang terkait aspek regulasi maupun aspek teknis operasional sehingga perlu dilakukan monitoring dan evaluasi di daerah-daerah," tambahnya.

Kedaulatan Energi
Dalam kesempatan yang sama, Ketua KPK Agus Rahadjo menyatakan, Korsup Energi diharapkan dapat memperbaiki tata kelola minyak dan gas bumi, mineral, batu bara, listrik dan energi baru terbarukan. Semua pihak terkait diharapkan berkomitmen dan memiliki kesadaran yang tinggi untuk memperbaiki tata kelola sektor energi untuk mewujudkan kedaulatan energi.

“KPK akan membantu Kementerian ESDM menyusun langkah-langkah yang konkret untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan energi yang melibatkan lintas sektor. Mudah-mudahan pendampingan KPK itu bisa mempengaruhi jalannya koordinasi dan supervisi,” kata dia.

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, Korsup Sektor Energi akan memfokuskan kegiatan pada tujuh kegiatan yakni penataan perizinan, pelaksanaan kewajiban para pihak, pengawasan dan pengendalian, pengembangan dan integrasi data dan informasi, pemenuhan hak-hak masyarakat, penataan regulasi, dan kelembagaan.

Korsup Energi akan dilaksanakan di tujuh lokasi yaitu Pekanbaru, Balikpapan, Sorong, Lombok, Surabaya, Palembang, dan DKI Jakarta serta dihadiri para pejabat Eselon I di lingkungan Kementerian ESDM Korsup KPK dan Kementerian ESDM  bisa lahirkan pengelolaan energi yang lebih baik. Korsup sektor energi diharapkan akan membawa dampak yang positif dalam pengelolaan energi.