Newsticker

Wakil Bupati Bandung Membuka Acara Sosialisasi Materi Hukum





Bangsa Indonesia saat ini memerlukan sumber daya manusia dalam jumlah dan mutu yang memadai sebagai pendukung utama dalam pembangunan nasional. Sektor pendidikan dinilai memiliki peran yang sangat penting dalam urusan SDM tersebut. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 yang menyebutkan bahwa, Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan Bangsa.

Oleh karena itu, diperlukan pentingnya kesadaran masyarakat dalam menyadari bahwa salah satu pilar utama membangun bangsa yang maju adalah membangun peradaban yang mulia. Dan salah satu satu hal yang penting dalam membangun peradaban bangsa yang mulia adalah pembangunan karakter.

Sosialisasi Materi Hukum
Kamis 31 Maret 2015, Wakil Bupati Kabupaten Bandung H. Gun Gun Gunawan, S.Si., M.S menghadiri dan membuka secara resmi acara Sosialisasi Materi Hukum dengan mengusung tema "Implementasai Pendidikan Karakter untuk Mewujudkan Generasi Muda Taat Hukum serta Pencegahan Tindak Pidana Korupsi".

Acara yang digelar di Hotel Sutan Raja, Soreang Kabupaten Bandung ini juga dihadiri beberapa tamu undangan di antaranya: Tim Pusat Penerangan Kejaksaaan Agung, Pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bandung, para pejabat struktural Eslon III dan IV di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung, juga para kepala UPTD dan kepala sekolah SD, SMP, SMK/SMA, se-Kabupaten Bandung.

Gun Gun Gunawan, yang dalam acara kali ini mewakili Bupati Bandung Dadang M Nasser, menegaskan. Bawah, pendidikan disetiap jenjang sekolah menjadi sebuah peroses pembelajaran yang tidak hanya sekadar mengejar kecerdasan anak semata. Akan tetapi, lebih menjurus kepada pendidikan moral untuk membangun generasi yang memiliki karakter.

Karakter Sabilulungan
Hal tersebut seiring dengan upaya pemerintah Kabupaten Bandung dalam mewujudkan anak didik agar berkarakter Sabilulungan, yaitu karakter anak didik yang sabar, bijaksana, luhur akhlak, luhung elmu pangarti, serta ngancik iman dina diri.

"Untuk itu, saya meyakini apabila masyarakat terutama generasi muda sudah berkarakter yang positif. Dari hasil penerapan pendidikan dari mulai buaian orang tua sampai pendidikan formal maupun informal dapat di pastikan kesadaran dan taat akan hukum akan mewarnai masyarakat kita. Dan apabila masyarakat sudah sadar dan taat akan hukum sudah dipastikan korupsi yang sekarang menjadi masalah umum di negara tercinta ini dapat dihindarai karena dapat dicegah sejak dini." ujar orang nomor dua di Kabupaten Bandung ini.