Newsticker

Desa Cibiru Wetan, Wakili Jawa Barat untuk BBGRM Tingkat Nasional




Selasa, 12 April 2016 diselenggarakan Pelaksanaan Penilaian Lomba Desa Gotong royong masyarakat terbaik tingkat Provinsi Jawa Barat. Kegiatan tahun ini diadakan di Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Kegiatan ini sekaligus menegaskan bahwa Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi yang berada di Kabupaten Bandung ini sebagai kandidat kuat  dalam lomba desa tingkat provinsi dan dianggap mampu menjadi juara dan mewakili Provinsi Jawa Barat untuk Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di tingkat Nasional.

"Salah satu tujuan diselenggarakannya BBGRM, diantaranya untuk meningkatkan kebersamaan dan kekeluargaan. Kegiatan ini pun untuk melestarikan arti gotong royong menuju peningkatan kehidupan bersama dalam pelaksanaan pembangunan," kata Bupati Bandung Dadang M. Naser.

Menurut penilaiannya, kegiatan tersebut bisa diawali dari peran keluarga yang memiliki posisi penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karenanya, ia menilai gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) telah berupaya mengadakan gerakan pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang bertujuan mewujudkan keluarga sehat, sejahtera, maju dan mandiri.

"Gerakan PKK telah mampu mewujudkan perannya sebagai motivator dan dinamisator masyarakat agar setiap keluarga dapat menjadi instrumen pembangunan yang andal," tambah Dadang M. Naser.

Berdasarkan kriteria penilaian, Desa Cibiru Wetan dianggap telah cukup memenuhi empat aspek penilaian di antaranya penilaian terhadap kegiatan di bidang ekonomi, sosial budaya dan keagamaan, kemasyarakatan serta bidang lingkungan.