Informasi

Desa Ciapus Banjaran Menjadi Produsen Beras Organik Bersertifikat




Pertanian organik sudah menjadi salah satu program dalam pembangunan pertanian Indonesia. Sebagai salah satu bentuk kontribusi dari para entrepreneur alumni Institut Teknologi Bandung (ITB ) yang tergabung dalam wadah Ganesha Entrepreneur Club (GEC) kepada masyarakat khususnya para petani. Sejak 2008, GEC telah mendampingi para petani di Desa Ciapus, Banjaran, Kabupaten Bandung dalam menerapkan sistem pertanian organik.

Langkah awal yang dilakukan GEC adalah dengan memberikan arahan dan wawasan kepada salah seorang petani muda disana bernama Iwan Ridwan. Arahan seputar pertanian padi organik pola tanam System of Rice Intensification (SRI).

CSR dari PLN
Semangat untuk maju yang ditunjukkan oleh Iwan Ridwan menjadi acuan GEC untuk melangkah lebih lanjut dengan menggandeng PT. PLN (Persero) APP Bandung untuk menggulirkan program CSR di Desa Ciapus. Mulai tahun 2010 sampai dengan 2014, PT. PLN (Persero) APP Bandung melalui program CSR bersama-sama dengan GEC melakukan pembinaan kepada Kelompok Tani Mekar Sari IV yang dipimpin Iwan Ridwan. Sejak tahun 2010 itu pihak UPTD Pertanian setempat akhirnya ikut terlibat dalam pembinaan petani di Desa Ciapus ini.

Selanjutnya tahun 2015 melalui pembinaan lanjutan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Bandung dan Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat, Kelompok Tani Mekar Sari IV mendapatkan sertifikat lahan dan komoditas padi organik dari Lembaga Sertifikasi Organik Inofice.

Desa Wisata Pertanian Organik
Pencapaian ini semakin membuka lebar kepada tujuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di Desa Ciapus khususnya yang berprofesi sebagai petani. Untuk mempercepat dalam mencapai tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat ini, pencanangan Desa Ciapus sebagai Desa Wisata Pertanian Organik sangat relevan untuk diusulkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung.

Untuk tujuan tersebut, pada 3 April 2016 telah dilaksanakan acara panen padi organik pola tanam SRI.  Panen padi organik tersbeut dilaksanakan atas prakarsa GEC dan Kelompok Tani Mekar Sari IV. Adapun lokasinya digelar di Desa Ciapus yang dihadiri oleh Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan. Hal ini pun sebagai langkah awal untuk memperkenalkan bahwa Desa Ciapus sudah mulai menjadi produsen beras organik bersertifikat resmi. Tujuan lainnya untuk memperkenalkan keindahan dan keasrian alam lokasi panen padi di kaki Gunung Puntang yang menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Dukungan dari pihak pemerintah tentunya sangat diperlukan seperti dalam hal perbaikan infrastruktur jalan, pengaturan sarana transportasi, perbaikan infrastruktur pengairan sawah dan hal-hal lainnya yang terkait.(Ganesha Entrepreneur Club)