Newsticker

Wabup Kab. Bandung Tinjau Tumpukan Sampah di Cisirung





Terkait dengan permasalahan sampah di Kabupaten Bandung, Wakil Bupati Gun Gun Gunawan dengan Kepala Dinas Perumahan Tata Ruang, dan Kebersihan (Dispertasih) Ir. Erwin Rinaldi, serta anggota Komisi D DPRD Teddy Surahman,  meninjau langsung ke lapangan. Peninjauan ini dilakukan pada Jumat (11/03/2016) di daerah Cisirung, Kec. Dayeuhkolot. Di sungai terlihat sampah menumpuk karena di bawah jembatan terhalang pipa kabel listrik yang mengalir ke salah satu industri. Wabup dan Kadis Dispertasih, berkoordinasi dengan pihak PLN dan pengelola pabrik di daerah tersebut agar kasus penumpukan ada solusi secepatnya dan tidak terulang kembali.

Tumpukan Sampah
Sampah memang menjadi masalah tersendiri bagi Kab. Bandung khususnya di daerah Dayeuhkolot. Sampah yang menumpuk di anak-anak sungai menuju Sungai Citarum kerap menjadi penyebab banjir. Bukan hanya di daerah Cisirung, salah satu kejadian yang masih hangat, Sabtu (5/3/2016) malam lalu akses jalan dari Bojongsoang menuju Dayeuhkolot Kabupaten Bandung hampir terputus, akibat jembatan Cipurut amblas. Namun kini, jembatan tersebut sudah bisa dilalui.

Kondisi jembatan yang sudah tua diduga menjadi penyebab ambrolnya jembatan Cipurut tersebut. Selain itu, di bawah jembatan dekat tempat ibadah ini kerap terlihat tumpukan sampah. Berdasarkan pengematan Seputar Bandung Raya, sampah styrofoam biasa mendominasi lautan sampah yang ada di bawah jembatan ini. Tak heran jika saat musim penghujan, air bisa melimpas sampai ke jalan. Inilah salah satu yang menjadi penyebab  jembatan tergerus. Belum lagi jalur ini biasa ramai dilalui kendaraan besar maupun kecil. Untuk itu, pihak Kabupaten Bandung akan segera merehabilitasi jembatan yang berada persis di dekat kompleks TNI ini.

Dituntut Kesadaran Masyarakat
Untuk urusan sampah ini, memang diperlukan tindakan lebih tegas dari pihak terkait. Namun yang lebih utama adalah adanya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. Sampah yang memenuhi sungai tak sedikit pula yang merupakan kiriman dari wilayah Kota Bandung. Hal inilah yang kerap menjadi permasalahan tersendiri yang perlu dibenahi bersama. Imbasnya, saat musim penghujan urusan sampah yang menumpuk kerap menjadi penyumbang terjadinya banjir. Belum lagi dengan bau busuk yang ditimbulkan dari tumpukan sampah tersebut.