Newsticker

Tampilan Lebih Cantik, Pasar Cihapit Bikin Pengunjung Penasaran




Pasar Cihapit ditata ulang dengan sentuhan kreativitas dari anak-anak ITB dan komunitas Bandung, penampilan pasar didesain seindah mungkin. Diantaranya dengan menambahkan lukisan pada dinding mural kemudian di bagian atap ditambahkan rangkaian  kain dan payung. Penataan barang dagangan pun dilakukan lebih rapi untuk menambah variasi hiasan di pasar ini. Sejak dilakukan perubahan dalam segi tampilan, jumlah pengunjung pasar mengalami peningkatan karena banyak pengunjung yang tertarik dengan wajah baru pasar Cihapit.

Menarik Pembeli
Tujuan melakukan penataan ulang di Pasar Cihapit ini adalah untuk meningkatkan daya tarik pembeli. Maklum saja peminat belanja di pasar tradisional sudah mulai menurun dan lebih memilih berbelanja ke pasar modern.

Istri Wali Kota Bandung, Attalia Kamil berkunjung ke Pasar Cihapit untuk meninjau segala bentuk kreativitas dan perubahan yang ada dipasar ini  dan mengungkapkan

“Pasar Cihapit jadi keren lohh, semoga menjadi inspirasi bagi pasar tradisional lainnya. Ya, supaya tidak kalah dengan pasar modern. Yuk,  belanja ke pasar tradisional,” tutur wanita yang biasa dipanggil "si Cinta" oleh suaminya ini.

Aneka Progam di Pasar Cihapit
Untuk menjaga kebersihan pasar, diadakan program Salasa Bersih (Salsih), yaitu membersihkan pasar secara bersamaan. Namun, bukan waktu Selasa saja pedagang melakukan pembersihan pasar, setiap hari pun dianjurkan oleh pengelola pasar untuk tetap menjaga kebersihan di lapaknya masing-masing. Kegiatan ini dilakukan agar tetap terjaga dan terawat kebersihannya.

”Dikarenakan hari ini adalah hari Rabu, dan sudah menjadi program Pemkot Bandung diadakan Rebo Nyunda, para pedagang  menggunakan pakaian Sunda,” tutur istri Attalia.

Sambil berbelanja pun, pengunjung bisa menikmati alunan kacapi suling yang memanjakan pendengaran pembeli dan pedagang di Pasar Cihapit.

Program lainya yang akan dirutinkan adalah setiap Jumat pagi, ada kencleng untuk para pedagang dan bayar saridona atau seikhlasnya. Kemudian, menuju siang diadakan Sekolah Pasar. Sekolah pasar ini khusus untuk anak-anak pedagang yang berada di pasar. Sekolah dibimbing langsung  oleh mahasiswa Psikologi Unpad. Selain itu, masih banyak lagi inovasi keren lainnya yang dilakukan di Pasar Cihapit, Kecamatan Bandung Wetan ini.