Newsticker

SMPN 13 Bandung Wakili Jawa Barat dalam Lomba Sekolah Sehat Nasional




SMPN 13 Kota Bandung bulan ini tengah bersiap sebagai wakil Provinsi Jawa Barat dalam lomba sekolah sehat tingkat Nasional tahun 2016. Rapat koordinasi persiapan Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional 2016 telah digelar di di Balai Kota Bandung, Jln. Wastukancana, Rabu (2/3/2016). Sekretaris Daerah Kota Bandung, Yossi Irianto  mengemukakan penilaian sekolah sehat tingkat nasional biasanya dilakukan pada bulan Maret ini. Sementara, tim penilai akan turun untuk melakukan penilaian pada minggu kedua Maret 2016.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara mengatakan, di tingkat nasional, SMPN 13 Bandung akan bertanding dengan SMP lainnya. Sebelumnya pada September 2015 lalu, setelah berhasil meraih juara I tingkat Kota Bandung, SMPN 13 Bandung Jln. Mutiara, mengikuti lomba sekolah sehat tingkat Priangan.

SMPN 13 waktu itu bersaing dengan SMP-SMP juara dari perwakilan Kab. Bandung, Bandung Barat,Kota Cimahi, Kab. Sumedang, Garut, Kabupaten/Kota Tasikmalaya, Kota Banjar, dan Kab. Ciamis. Dan kini SMP yang  berdiri pada tanggal 1 Agustus 1967 ini, unggul se-Jawa Barat dan berhak menjadi wakil di lomba sekolah sehat tingkat nasional.

Penilaian sekolah sehat meliputi bidang pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan kondisi lingkungan sekolah. Adapun indikator dari sekolah sehat ini sesuai dengan trias unit kesehatan sekolah, yaitu pendidikan kesehatan, pelayana kesehatan dan lingkungan sekolah bersih dan sehat. Selama mengikuti lomba dari tingkat Priangan hingga lomba sekarang, pihak SMPN 13 Bandung mendapat dukungan penuh dari Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Bukan hanya dari pihak pemerintahan, perusahaan-perusahaan swasta yang terkait dengan penataan lingkungan sekolah dan kesehatan serta media massa juga ikut memberikan dukungan dalam upaya sekolah ini meraih predikat sekolah sehat nasional.

"Di SMPN 13 Bandung sendiri, penataan lingkungan sekolah,dilakukan mulai dari taman-taman, fasilitas parkir mobil dan sepeda serta kantin sehat. Di sini juga dibenahi fasilitas pelayanan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Ruang UKS di sini berukuran 72 meter persegi yang mampu menampung empat tempat tidur bagi siswa atau guru yang membutuhkan pertolongan pertama," kata Kepala Sekolah SMPN 13 Bandung Nandi Supriyadi.