Informasi

Ridwan Kamil Tinjau Lokasi Banjir di Kompleks Bumi Adipura




Hujan deras pada Sabtu, 12 Maret 2016 mengguyur Kota Bandung dan sekitarnya sejak sore hingga malam hari mengakibatkan meluapnya saluran air di Rancabolang dan Sungai Cinambo  di Kecamatan Gedebage. Banjir pun melanda Perumahan Bumi Adipura 3,4,5 dan 6. Meningkatnya debit air yang diakibatkan oleh hujan yang cukup lama ini tidak mampu tertampung lagi di sungai Cinambo, yang akhirnya meluap merendam sekitar 1000 rumah di kompleks Perumahan Adipura.

Minggu, 13 Maret 2016, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil beserta jajaran Dinas Kebakaran Kota Bandung dan DBMP Kota  Bandung turun langsung ke lokasi banjir. Hampir selama dua jam pihak Pemkot Bandung melakukan peninjuan di lokasi. Kunjungan tersebut dilakukan di  Cluster Pinus, Palem  dan Tulip (RW 08, RW 09. dan RW 10) Kompleks Bumi Adipura, Kelurahan Rancabolang Kec.Gedebage Kota Bandung

"Rabu kami undang semua pihak berkepentingan untuk hadir, mulai dari Pemkot, Kementerian PU, juga pengembang. Penanganan potensi banjir ini harus dilakukan secara bersama-sama. Tidak bisa sendiri-sendiri. Nanti jatuhnya saling menyalahkan,” kata Emil.

Sementara pada Senin, 14 Maret 2015 banjir sudah surut. Warga pun terlihat mulai membersihkan lumpur sisa banjir di rumahnya masing-masing. Namun, warga sedikit kesusahan untuk membersihkan kotoran sisa banjir karena pompa air di rumahnya rusak akibat terendam air.

"Banjir di wilayah ini menyusut seiring dengan lancarnya arus air di Sungai Cinambo. Namun, kami tetap siaga dengan menyiapkan tiga mesin penyedot air di kantor kecamatan. Sewaktu-waktu banjir datang lagi, mesin tersebut bisa digunakan,"  kata Camat Gedebage Bambang Sukardi.