Newsticker

Profil Kecamatan Gedebage, Kota Bandung




Nama Kecamatan Gedebage akhir-akhir ini menjadi hangat diberitakan. Apalagi setelah ada rencana Pengembangan Kampung Wisata Burung Belekok di Ranca Bayawak. Di belakang ragam program di Kecamatan Gedebage itu ada sosok Camat di balik perencanaan kampung wisata berbasis habitat fauna tersebut.

Ialah Bambang Sukardi, pria yang baru satu tahun menjabat sebagai camat Gedebage inilah yang ditugaskan oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil untuk membuat desain Kampung Wisata Kreatif Burung Belekok yang menjadi salah satu program pemerintah Kota Bandung dalam rangka mewujudkan Bandung Teknopolis

Sebelum menjabat sebagai Camat Gedebage, pria kelahiran Bandung 40 tahun yang lalu ini memiliki riwayat pernah menjabat sebagai Sekcam di Astana Anyar. Ia pun pernah menjabat sebagai camat di Kecamatan Bandung Kulon. sebelum akhirnya dimutasi ke Kecamatan Gedebage, Kota Bandung.

Adapun Kecamatan Gedebage dibawah kepemimpinan pria lulusan IPDN tahun 1991 ini, telah menorehkan prestasi juga ragam program yang pernah dan tengah digarap bersama jajarannya, antara lain:
1. Juara I lomba kelurahan tingkat Kota Bandung diwakili Kelurahan Rancanumpang.
2. Juara IV lomba kelurahan tingkat Provinsi Jawa Barat.
3. Juara IV PKK Kesejahteraan Rakyat.
4. Program urban farming Cisaranten Kidul.
5. Progam pengelolaan dan pengembangan Kampung Wisata Burung Belekok.

Potensi Wisata dan UMKM Gedebage
Selain menjadikan Kampung Wisata Belekok sebagai wisata unggulan di Gedebage, terdapat juga rumah singgah di Cisaranten RW 11. Rumah singgah tersebut digunakan sebagai pusat informasi budaya dan UMKM di wilayah Gedebage. Begitu pula stadion bertaraf Internasional yang berdiri megah di Kecamatan Gedebage, yakni Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) menjadi salah satu potensi tujuan wisata di Kecamatan Gedebage. Seiring dengan laju pembangunan ke depan, Kecamatan Gedebage akan menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Bandung juga dari luar Bandung.

Untuk UMKM, wilayah yang berada di timur Kota Bandung ini memiliki beberapa program unggulan yang langsung berada dibawah binaan Kecamatan Gedebage.  Program tersebut di antaranya: pengrajin boneka, sistik jamur, sumpiah, pais kurucuk, cobek cau manggala opor jantung cau manggala dan telor asin. Adapun untuk layanan masyarakat, wilayah yang tercatat memiliki jumlah penduduk 32.000 jiwa ini memiliki dua Puskesmas di daerah Riung Bandung dan di Rancanumpang.

Kecamatan Gedebage pun memiliki beberapa program yang telah dan tengah berjalan, di antaranya: Program PIPPK Kelurahan; Pengalihan Makam dari Rancabolang ke Rancacili: Desain Kampung Belekok; Ojek Makanan Balita (Omaba); dan Pembentukan Kelurahan Sadar Hukum sebagai dua program tambahan.

Kantor Kecamatan Gedebage
Jln. Gedebage Selatan No. 292
Kota Bandung
Telepon: (022) 7565686

- Twitter Kec. Gedebage: @kecgedebage
- Webs Kec. Gedebage: http://gedebage.bandung.go.id