PKK Kel. Pasir Endah, Ujungberung Siapkan Suvenir Saat PIN Polio 2016





Indonesia telah dinyatakan bebas polio bersama dengan negara anggota WHO di South East Asia Region (SEAR) pada bulan Maret 2014. Untuk mempertahankan keberhasilan tersebut, dan sebagai bagian melaksanakan komitmen mewujudkan Dunia Bebas Polio, Indonesia perlu memperkuat pelaksanaan program imunisasi rutin polio dan kegiatan imunisasi tambahan yaitu Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang akan dilaksanakan pada tanggal 8-15 Maret 2016.

Berdasarkan analisis para ahli, didapat data yang menunjukkan cakupan imunisasi Polio dosis ke empat nasional telah melebihi 90% namun tidak merata diseluruh provinsi dan Kabupaten/Kota. Dengan demikian para ahli merekomendasikan agar dilaksanakan PIN Polio dengan sasaran balita (anak usia 0-59 bulan) untuk memberikan perlindungan optimal bagi seluruh anak terhadap virus polio.

Banyak hal yang dilakukan para kader TP PKK Kelurahan Pasir Endah Kec.Ujungberung dalam rangka menjelang pelaksanaan kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang serempak akan dilaksanakan di seluruh Indonesia mulai dari tanggal 8 - 15 Maret 2016. Berbagai aktivitas dan kegiatan yang dilakukan mulai dari pemasangan spanduk, mempersiapkan undangan dan mensosialisasikan betapa pentingnya imunisasi dan wajib untuk dilaksanakan.

Dalam rangka menyukseskan PIN Polio 2016 TP PKK Kelurahan Pasir Endah, Kecamatan Ujungberung, menyiapkan cara unik yang dilakukan Ketua TP PKK Kelurahan Pasir Endah Ir. Ade Erma Dianawati. Untuk menarik animo masyakat terutama ibu-ibu yang memiliki balita untuk segera ke Pos PIN, telah disiapkan cenderamata yang tersebar di tujuh RW. Jumlah cenderamata di setiap pos tersebut terdiri dari:

POS PIN 1A : 102
POS PIN 1B : 99
POS PIN 2. : 77
POS PIN 3A : 86
POS PIN 3B : 80
POS PIN 4A : 77
POS PIN 4B : 47
POS PIN 5 : 62
POS PIN 6A : 77
POS PIN 6B : 165
POS PIN 7A : 109
POS PIN 7B : 48

PIN Polio adalah pemberian imunisasi tambahan polio kepada balita tanpa memandang status imunisasi polio sebelumnya. Tujuan PIN Polio antara lain mengurangi resiko penularan virus polio yang datang dari negara lain, memastikan tingkat kekebalan masyarakat terhadap penyakit polio cukup tinggi dan memberikan perlindungan secara optimal serta merata pada balita terhadap kemungkinan munculnya kasus polio.

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS