Newsticker

Pasar Tagog Padalarang Dilalap Api




Kamis (10/3/2016) malam, kebakaran terjadi di Pasar Tagog Padalarang. Api yang melalap pasar tersebut terjadi sekitar pukul 23.15 WIB. Ada dugaan penyebabnya dari korsleting kabel listrik di tengah-tengah kios. Lokasi asal kebakaran yang terletak di tengah pasar menyebabkan api cepat merembet ke kios-kios lainnya. Diperkirakan kurang lebih 200 kios dilalap abi. Kebanyakan kios-kios tersebut dipakai untuk berjualan sembako, sayuran, buah-buahan dan kelontongan.

Pasar yang terletak di Jalan Raya Purwakarta No 20, Desa Kertamulya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat kebanyakan bermaterial kayu. Namun, beberapa kios bagian depan dan belakang tampak tidak terbakar. Setelah dilakukan pemadaman untuk pencegahan merebutnya api. Sejumlah mobil pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api.

Sebanyak 5 unit armada pemadam kebakaran Kabupaten Bandung Barat dikerahkan dengan dibantu oleh pemadam kebakaran Kab. Bandung, Kota Cimahi Dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung. Sekira pukul 02.15 WIB api baru berhasil dipadamkan.

"Pemadaman api tidak terlalu sulit karena posisi kios ada di jalan utama.  Kalau akses masuk susah, gak tahu apa yang terjadi,“ kata Camat Padalarang Slamet Nugraha. Menurutnya, kerusakan pasar hanya 20 persen, 30 persenya tidak.

Meski sepuluh pemadam diturunkan, namun bangunan kios dan isinya ludes menjadi abu. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Dalam kebakaran ini, dipastikan para pedagang merugi hingga ratusan juta rupiah. Selain petuags pemadam kebakaran yang berupaya menjinakkan api. Polisi juga turun tangan. Sementara, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan.