Informasi

Makna di Balik Peristiwa Bandung Lautan Api




Setelah melaksanakan pawai obor pada Rabu, (23/03/2016) dalam rangka memperingati peristiwa Bandung Lautan Api (BLA) dengan berjalan dari Lapangan Tegallega menuju Balai Kota Bandung. Esoknya, Kamis (24/03/2016) dilaksanakan upacara peringatan BLA di  lapangan monumen berlambangkan obor dengan api menyala. Upacara dihadiri oleh staf Pemerintahan Kota Bandung dan seluruh tamu undangan dan masyarakat.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam sambutannya, Emil mengungkapkan bahwa peristiwa Bandung Lautan Api 70 tahun lalu merupakan bukti perjuangan dan kesetiaan warga Bandung dalam mempertahankan Negara Kesatua Republik Indonesia.

Peristiwa heroik 70 tahun lalu, tepatnya 24 Maret 1946. tidak hanya sekadar bentuk perlawanan terhadap kaum penjajah yang ingin menguasai kembali Kota Bandung. Peristiwa BLA merupakan simbol kesetiaan warga Bandung terhadap NKRI. Masyarakat Bandung pada saat itu rela mengorbankan harta benda hingga nyawa untuk mempertahankan kemerdekaan. Pembakaran seluruh rumah dan aset milik warga Kota Bandung bertujuan supaya tidak dipakai oleh tentara sekutu yang dibonceng oleh NICA.

Perjuangan waktu itu dengan berperang mengangkat senjata, maka saat sekarang kita lakukan perjuangan dengan merealisasikan gagasan-gagasan untuk membangun kota kreatif, banyak generasi bandung yang mempunyai pemikiran kreatif dan harus direalisasikan demi terciptanya Bandung Juara. Di akhir upacara puncak perungatan peristiwa Bandung Lautan Api ditampilkan atraksi sosiodrama perjalanan sejarah perjuangan yang dikenal dengan peristiwa Bandung Lautan Api.