Informasi

Long Weekend, Semua Jalur Masuk ke Lembang Macet




Macet pada akhir pekan di Lembang tampaknya merupakan hal biasa. Apalagi akhir pekan ini merupakan long weekend karena bertepatan dengan libur memperingati wafatnya Isa Almasih, Jumat (25/3/2016). Banyaknya kendaraan yang sama-sama ingin masuk ke kota Kecamatan Lembang, Sabtu (26/3/2016), membuat arus lalu lintas di kota kecil di utara Bandung itu padat dan kemacetan menghiasi semua ruas jalan.

Banyaknya tempat wisata yang berderet di wilayah Lembang, seperti Floating Market, Farmhouse, dan Taman Wisata Alam Gunung Tangkubanparahu, membuat setiap pengguna jalan harus bersabar berlama-lama di jalanan. Gelombang kendaraan wisatawan yang datang dari arah Kota Bandung tertahan di titik-titik wisata itu. Kurang memadainya area parkir dan banyaknya wisatawan yang hilir mudik, membuat arus lalu lintas sangat padat.

Tersendat dari Terminal Ledeng
Arus kendaraan sudah mulai tersendat sejak Terminal Ledeng, bahkan lebih ke bawah sejak Jalan Setiabudhi. Pengendara yang mencoba mencari celah melalui jalur-jalur alternatif, ternyata juga sama menemui antrean panjang kendaraan.

Pertigaan Betrix menjadi salah satu simpul kemacetan di jalan alternatif sehingga petugas Polres Kota Cimahi harus memberlakukan arus kendaraan satu arah. Jangan tanya pula jalur alternatif lain seperti Punclut, karena di jalur ini pun kendaraan wisatawan menuju ke Lembang juga macet parah. Kemacetan semakin parah karena beberapa kendaraan tidak kuat harus mengantre di jalur yang menanjak sehingga akhirnya mogok. Tak pelak lagi, hal itu menciptakan simpul kemacetan baru.

Sudah bukan rahasia lagi, penyumbang terbesar dari padatnya kendaraan di Lembang setiap akhir pekan adalah membanjirnya kendaraan pelat B dari setiap pintu masuk ke Kota Bandung, salah satunya yang paling populer bagi warga Ibu Kota adalah pintu Tol Pasteur. Pintu masuk ke Kota Kembang lainnya dari Jakarta adalah gerbang Tol Pasirkoja, Kopo,  Buahbatu, dan gerbang Tol Mohammad Toha.