Newsticker

Kemeriahan Parade Budaya 2016 di Kota Bandung




Disbudpar melaksanakan Parade Budaya 2016 bersama Vihara Giri Metta Bandung dan Paskal Hyper Square Kota Bandung. Acara ini dimeriahkan dengan bazar kuliner dan hiburan di Jln. Lengkong Kecil yang dimulai pada Jum’at, 25 Maret 2016 pukul 13.00 sampai pukul 22.00. Bazar kuliner diselenggarakan oleh daerah setempat dan panitia mendapatkan dana dari sponsor dan sumbangan warga.

Untuk kelangsungan acara kirab budaya ini, panitia bekerja sama dengan Polres Kota Bandung, Polsek Lengkong, Kecamatan Lengkong, Kelurahan Paledang, PDAM untuk toilet portable, PD Kebersihan, Karang Karuna Lengkong dan masyarakat Lengkong sendiri.

"Bazar kuliner terdiri dari 40 stand kuliner yang berbeda-beda dan pesertanya 39 stand dari Kota Bandung dan 1 stand dari Semarang Jawa Tengah. Isi konten parade 30% adalah kesenian setempat/kesenian sunda sesuai dengan anjuran Disbudpar Kota Bandung dan selebihnya Liong Barongsay dan seterusnya.” ujar Evi Aris salah satu humas panitia pelaksana Kirab Budaya 2016.

Untuk kesenian dimeriahkan oleh Group Band Pasundan Asih, tarian, kacapi suling, wayang kontemporer dengan pagelaran wayang golek dari dalang muda Adi Rontia Sunarya. Panitia pelaksana hari ini menerima tamu parade dari kelenteng se-Jabodetabek dan Jawa Tengah dengan total 40 kelenteng yang terdiri 35 rombongan barongsay. Dari 35 barongsay tersebut membawa 28l liong dan 106 barongsay.

Untuk acara konvoi parade (26/03/2016) akan dimulai dari Jln. Lengkong Kecil menuju Jln. Lengkong besar - Jln. Asia Afrika - Jln. Soedirman, dan masuk ke Jln. Kelenteng. Di Jln. Kelenteng setiap tandu akan melekukan penghormatan ke dalam kelenteng dan dilanjutkan ke Jln. Gardujati  hingga finish di Paskal Hyper Square. Sejak Jumat ini, di Paskal Hyper Square sudah berlangsung pertunjukan barongsay mulai dari pukul 16.00 - 18.00. Untuk acara Sabtu, (26/03/2016) akan diadakan acara serah terima secara seremonial, semua patung diturunkan dari joli (tandu) dan kemudian disimpan di panggung.

“Masyarakat Lengkong diikutsertakan sebagai panitia lokal dan bertugas untuk mengelola perparkiran, keamanan dan kebersihan. Event ini pun melibatkan RT, RW, dan karang taruna. Karang taruna berperan penting dalam segi Keamanan untuk membantu pihak kepolisian,” ujar Indra Margana, Ketua Karang Taruna Paledang, Kec. Lengkong.

“Jalan Lengkong Kecil diutup mulai pukul 02.30 dan sudah diturunkan 20 personel petugas kepolisian dari Polsek Lengkong untuk mengamankan Vihara, Bazar dan hiburan malam ini, dan untuk pengamanan konvoi kirab budaya Polsek Lengkong bekerja sama dengan Polrestabes Kota Bandung karena rutenya bukan di wilayah Lengkong sajah “ ujar Wisnu Kanit Polsek Lengkong.

Acara Kirab Budaya akan dihadiri oleh Dahlan Iskan sebagai ketua FOBI (Federasi Olahraga Barongsay Indonesia). Pihak panitia pun telah mengundang Wali Kota Bandung dan SKPD Kota Bandung.