Informasi

Jembatan Lingkar Cukang Monteng Masih dalam Pengujian




Groundbreaking proyek jalan tembus Kamojang telah dilaksanakan 17 Maret 2015 lalu. Diprogramkan, Pemkab Bandung terus menggenjot pembangunan jalan yang disebut Jalan Lingkar Cukang Monteng itu. Di jalur ini pun dibangun Jembatan Cukang Monteng sepanjang 100 meter. Untuk semakin memanjakan wisatawan, beberapa fasilitas akan dibangun di sini. Salah satunya adalah hiasan kujang yang menjadi ciri khas di sekitar jembatan ini. Dengan demikian, masyarakat bisa menikmati keindahan alam sekitarnya.

Namun, sampai sekarang Jalur Lingkar Monteng belum bisa diakses kendaraan karena masih menunggu pengujian jembatan. Hal tersebut masih menunggu jadwal tim penguji dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) dan laik fungsi jalan dari pihak Polres, Dishub, Bina Marga, dan Pusjatan Kemenpupera. Untuk menjaga kondisi, sementara jalan akan ditutup/diportal untuk umum.

Peminat pengguna jalan dan peminat wisata sudah tidak sabar untuk segera bisa menikmati jembatan baru dan jalan mulus serta pemandangan indah di sepanjang Jalur Lingkar Kamojang. Dishub menghimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk bersabar menunggu sampai tiba waktunya pembukaan jalur  Lingkar Kamojang atau Jalur Lingkar Monteng tersebut.

Namun, walau belum dibuka, jembatan di sini sudah mulai menjadi tujuan para pengunjung untuk sekadar selfie. Terlihat aktivitas warga yang mencoba mendirikan bangunan liar untuk lapak berjualan di dekat  jembatan. Untuk itu, jembatan yang akan jadi ikon Kecamatan Ibun ini  akan segera ditertibkan oleh pihak Bina Marga yang bekerja sama dengan Satpol PP dan Kec. Ibun. Hal ini untuk terciptanya kenyamanan  bagi pengguna jalan. Jembatan kuning ke depannya diproyeksikan akan menjadi salah satu tujuan wisata di Kab. Bandung. Maka, segala aktivitas yang berpotensi merusak dan mengganggu keindahannya akan segera ditindak dan diberi sanksi.