Newsticker

Gelar Penca Adu Luhung Eco Bambu Cipaku 2016




Jumat 25 Maret 2016, berlangsung pagelaran Penca Adu Luhung, yang diadakan di Eco Bambu Cipaku. Tercatat sekitar 287 peserta dari 24 paguron yang mengikuti rangkaian acara yang di gelar selama 3 hari ini. Tampak beberapa tamu undangan yang hadir, dan ikut dalam acara pembukaan Pagelaran ini: Bapak Penca Silat Dunia H.Edi.M.Narapraya.

Tampak hadir pula Yuyus Kuswandan, pencetak rekor Muri tahun 2014 sebagai penyelenggara pesilat terbanyak yang mencapai 10.000 pesilat di Festival Pencak Silat di Kiarapayung Sumedang. Andreas Wihardja yang juga sesepuh dari Eco Bambu Cipaku, dan juga sebagai Owner dari The Cipaku Garden Hotel, beserta Lusiana Wibowo.

Acara pembukaan yang dipimpin Langsung oleh Bapak Penca Silat Dunia, H. Edi M Narapraya, mengungkapkan kebanggaannya akan terselenggaranya acara ini, dimana Jawa Barat sebagai provinsi yang sering mengadakan acara Penca Silat seperti ini. Dan sebagai pengukuhan, bahwa Penca Silat memang ada di Indonesia.

"Pelajarilah penca silat, karena penca silat sekarang akan dibawa ke UNESCO. Agar tercatat sebagai warisan tak benda yang harus kita dukung. Dan sekarang sedang digodok oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia," ungkap pria asli Betawi tersebut.

Setelah sambutan dari mantan ajudan orang no. 1 di Indonesia pada masa Orde Baru ini, acara dilanjutkan ke pemukulan gong sebagai simbol acara resmi dibuka. Secara begilir gong dipukul oleh H. Edi M. Narapraya dilanjutkan oleh Andreas Wihardja dan Luciana Wibowo selaku pengelola Eco Bambu Cipaku.

Kategori
Dalam pagelaran ini, kategori akan diperlombakan, di antaranya:
1. Tunggal anak-anak putri yang diikuti oleh 18 orang peserta.
2. Tunggal anak-anak putra yang diikuti sebanyak 28 peserta.
3. Ganda anak-anak putri dengan 3 pasang peserta.
4. Ganda anak-anak putra dengan menampilkan 8 pasang peserta.
5. Rampak anak-anak yang diikuti 13 peserta, masing masing peserta berjumlah 5 orang.
6. Kategori tunggal remaja putra, yang diikuti oleh 18 peserta.
7. Kategori tunggal remaja putri yang diikuti 29 peserta.
8. Kategori ganda remaja putri yang diikuti 7 pasang peserta.
9. Kategori ganda remaja putra yangdiikuti 10 pasang peserta.
10. Kategori rampak remaja, diikuti oleh 8 peserta masing masing peserta berjumlah 5 orang.
11. Kategori tunggal dewasa putri, diikuti 2 peserta.
12. Kategori tunggal dewasa putra, diikuti 7 peserta.
13. Kategori ganda dewasa putri, diikuti 1 pasang peserta.
14. Kategori ganda dewasa putra, diikuti 6 pasang peserta
15. Kategori rampak dewasa, diikuti 2 peserta yang masing-masing peserta berjumlah 5 orang.

Peserta Paguron
Pagelaran yang akan berlangsung 3 hari ini, tercatat diikuti oleh 24 Paguron yang ada di Bandung dan sekitarnya. Adapun Paguron-paguron yang mengikuti kegiatan Gelar Penca Aduluhung ini adalah: Gajah Putih Mega Paksi Baleendah, Pager Kencana Pusat, Sinar pusaka Putra cabang Cimahi, Ciung Wanara Cabang, Galuh Giri Pakuan, Medal Domas Tri Raksa, Putra Pakuan Lebak Larang, Setia Manah,Ciung Wanara pusat, Putra Mustika.

Paguron lainnya: Dangiang Maung Pajajaran, Putra Domas, Panca Darma Kusuma, Sinar Kencana Kujang Sakti, Pusaka Sancang Balebat, Paksi Parlambang, Medal Citra Domas, Sinar Kencana Kujang Sakti, Putra Pakuan Lebak Larang,Sawargi Nurul Huda, Mitra Setia, Kujang Sakti, SMK ICB, dan Pasanggarahan 06.

Hadiah
Berbagai hadiah  telah dipersiapkan oleh pantitia untuk para peserta yang nantinya akan keluar sebagai Juara pada Gelar Penca Adu Luhung ini. Untuk Juara I akan mendapatkan uang Binaan sebesar Rp. 5.000.000, serta mendapatkan medali dan piagam.

Adapun untuk Juara II akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 3.000.000, serta mendapatkan mendali dan piagam.  Juara III,  berhak mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 2.000.000 serta medali dan piagam. Hadiah dan uang pembinaan ini akan diberikan pada hari terakhir Gelar Penca Adu Luhung, Sabtu (27/03/2016).