Informasi

Diskominfo Kota Bandung Gelar Sosialisasi Citizen Journalism




Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung mengadakan kegiatan Sosialisasi Citizen Journalism yang bertempat di Pondok Rifky Cikondang, Ciater, Subang. Acara tersebut berlangsung selama dua hari tanggal 10 dan 11 Maret 2016. Dalam kegiatan sosialisasi ini hadir pengurus dan anggota Forum KIM Bandung Juara serta perwakilan Pengurus KIM dari tingkat kelurahan se-Kota Bandung.

Perkembangan Kelompok Informasi Masyarakat atau disingkat KIM di Kota Bandung bisa dikatakan mengalami kemajuan yang cukup signipikan baik secara kuantitas maupun kualitas. Diskominfo Kota Bandung sampai saat ini sudah menbentuk 111 KIM di tingkat kelurahan. Fenomena yang berkembang dewasa ini, peran para KIMERS mulai menapaki perannya sebagai citizen journalism atau jurnalisme warga.

"Dengan kegiatan sosialisasi ini, diharapkan para pengurus KIM bisa saling mempererat silaturahmi, kebersamaan dan sinergi. Dengan harapan, peranan KIM ke depan menjadi jurnalisme warga," demikian yang disampaikan Kepala Diskominfo Kota Bandung DR. Asep C Cahyadi, M.Si. dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Bidang Diseminasi Informasi Dra. Eli Harliani M.Si.

Menyukseskan Penyelenggaraan PON Jabar 2016
Dalam kesempatan itu, hadir pula Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat Dr. H Anton Bustomi MS.i. Ia sekaligus membuka acara Sosialisasi Citizen Journalism bagi pengurus dan anggota Forum KIM Bandung Juara. Peranan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dewasa ini memang sangat diperlukan terutama dengan akan berlangsungnya kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PIN) XIX  dan Peparnas XV Jawa Barat pada September 2016. KIM diharapkan berperan aktif di dalamnya.

Hajatan olahraga skala nasional ini bukan hanya sukses penyelenggaraan, tapi juga ikut mendukung prestasi. Jabar pernah meraih prestasi tertinggi dengan menjadi juara umum PON pada 1961. Sekarang, merupakan kesempatan Jabar untuk mengukir kembali prestasi tersebut dengan menjadi juara umum. Selain sukses penyelenggaraan, sukses prestasi juga harus diusung. Penyelenggaraan Di sisi lain, penyelenggaraan PON akan menyedot animo masyarakat nasional dan tentunya akan berdampak pada ekonomi kerakyatan.