Informasi

Bunga Kastuba Hiasi Jalan L.L.R.E Martadinata Kota Bandung




Untuk membuat Kota Bandung sepadan dengan julukannya, yakni Kota Kembang, saat ini Pemerintah Kota Bandung berusaha membuat  kota ini  semakin cantik dengan banyaknya bunga di setiap sudut  kota. Salah  satunya  dengan  menghiasi salah satu jalan  utama, Jl. L.L.R.E.  Martadinata atau populer juga dengan sebutan Jl.  Riau, dengan bunga kastuba dalam pot-pot bambu cantik, yang  digantungkan di pepohonan di sepanjang jalan ini.

Menurut  Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan  KP) Kota  Bandung, Elly Wasliah, Jumat (4/3/2016),  mempercantik  Jl. Riau dengan bunga bernama ilmiah Euphorbia pulcherrima ini merupakan  salah satu upaya agar Kota Bandung memang layak dijuluki Kota Kembang. Nantinya, jalan yang dikenal dengan sebutan gudangnya factory outlet ini akan dihiasi 200 gantungan bunga kastuba mulai dari persimpangan dengan Jl. Merdeka hingga Jl. Ahmad Yani.

Jalan Percontohan
Jalan Riau merupakan satu dari tiga ruas jalan yang akan  dijadikan percontohan. Jalan lainnya adalah Jl. Ir. H. Djuanda atau Jl. Dago, dan  satu lagi akan ditentukan Wali Kota  Bandung,  Ridwan Kamil. Jalan-jalan  yang menjadi percontohan itu memang merupakan  jalan populer  dan selama ini menjadi tujuan wisatawan saat  berkunjung ka  Kota  Bandung. Apalagi, Pemkot Bandung pun tahun ini akan mencanangkan gebrakan baru, yaitu pedestrianisasi.

Dan sebagai salah satu kawasan percontohan, Jl. Martadinata mendapatkan prioritas lebih. Sebelum bermandikan kastuba yang kelopak bunga-bunganya merah menyala, trotoar  jalan ini  pun sudah mengalami perombakan  dengan  material batu granit. Seperti di  Jl. Asia Afrika, Jl. Riau pun dihiasi  dengan  bangku  kayu, bola-bola  batu, lampu-lampu klasik, dan tempat sampah. Bersama bunga  kastuba, empat hal di atas menggenapkam lima  unsur yang penting bagi sepanjang jalan.

Beberapa  waktu lalu, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil  menyatakan trotoar di Kota Bandung nantinya akan menjadi pedestrian  yang keren dan nyaman. Tidak tanggung-tanggung, biaya untuk membangun pedestrian  itu mencapai Rp 200 miliar. Dari dana sebesar itu. sekitar Rp 150 miliar berasal dari APBD Kota Bandung,  sedangkan sisanya Rp 50 miliar berasal dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Warga  Kota Bandung tentu saja menyambut baik pembenahan di Jl. Martadinata. Mereka berharap tidak hanya Jl. Riau saja yang dipercantik,  tapi  juga merambah ke jalan-jalan  lain, sehingga seluruh jalan di Kota Bandung menjadi semakin keren  dan  nyaman bagi  para pejalan kaki.

Bila pembenahan di  trotoar Kota Bandung sudah  berjalan, tak berlebihan rasanya bila julukan Kota Kembang layak disematkan ke Kota Bandung. Yang menjadi tugas utama warganya kini adalah membangun  kesadaran untuk menjaga kotanya tetap indah dan lestari.

Jalan-jalan  yang masuk program pedestrian di Kota Bandung  tahun ini  selain Jl. Martadinata dan Jl. Ir. H. Djuanda, adalah Jl. Merdeka, Jl. Buahbatu, Jl. Ibrahim Adjie, Jl. Ahmad  Yani, Jl. Dipati  Ukur, dan Jl. Kopo Ada juga Jl. Dalem Kaum yang akan dihiasi dengan  air  mancur, bangku-bangku, dan fasilitas lainnya. Karena itu, rasanya nanti tidak perlu masuk ke objek wisata untuk menikmati keindahan alam, karena  jalan-jalan  di Kota Bandung pun  tidak  kalah cantiknya dengan tempat-tempat wisata.