Informasi

Akhirnya Belencoso Cetak Gol, Persib Juara Grup A




Partai terakhir Grup A babak penyisihan Piala Bhayangkara memastikan posisi Persib sebagai juara grup setelah  mengalahkan  tim asal Sumatra Selatan, Sriwijaya FC dengan skor 2-0, di Stadion Si Jalak Harupat, Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Sabtu (26/3/2016). Ajang ini merupakan "reuni" mantan para pemain dan pemain Persib angkatan sekarang.

Kemenangan  ini tentu saja disambut gembira para  bobotoh karena dengan demikian, tim kesayangannya "Maung Bandung"  tidak  harus melawat ke kandang lawan dalam babak semifinal Piala  Bhayangkara nanti. Dalam turnamen ini, setiap juara grup di babak  penyisihan memang berhak menjadi tuan rumah dalam  pertandingan semifinal yang akan digelar Rabu (30/3/2016).

Sebelumnya, hingga tiga kali menjalani pertandingan, Persib memang berada di tempat kedua setelah Sriwijaya. Meski sama-sama mengantongi  nilai 7, namun Persib kalah produktivitas gol dari tim asal Palembang itu. Oleh karena itu, kemenangan atas  Sriwijaya sangat penting bila ingin tampil sebagai juara grup.

Kesan Mendalam bagi Belencoso
Kemenangan atas Sriwijaya dipastikan akan memberikan kesan yang mendalam bagi striker Persib, Juan Carlos Rodriguez Belencoso. Pasalnya, legiun asing asal Spanyol itu mencetak gol  pertamanya bagi  Persib  pada menit 76. Sebelumnya pada  menit  10, striker Persib yang merupakan mantan pemain Arema Cronus,  Samsul  Arif, kembali  menjadi  pahlawan dengan mencetak gol pertama  Persib.

Pertandingan Persib melawan Sriwijaya berlangsung menarik karena kedua tim sama-sama bermain terbuka dan agresif melakukan  seran¬gan ke lini pertahanan lawan. Pertandingan baru berjalan sepuluh menit, Samsul Arif sudah mencatatkan namanya dengan mencetak gol pertama Persib pada pertandingan ini. Sriwijaya  berupaya  keras mencetak gol  balasan melalui  mantan striker  Persib asal Brasil, Hilton Moreira, namun gagal.  Hingga babak pertama usai, tidak ada lagi gol tercipta.

Di  babak  kedua, jual beli serangan di antara kedua  tim  tetap terjadi.  Dalam pertandingan ini, bobotoh pun bisa melihat  upaya luar  biasa Belencoso dalam memberikan kemenangan  untuk Persib. Walaupun dalam tiga pertandingan sebelumnya ia belum juga mencetak gol, namun ia tetap tak kehilangan semangatnya untuk  menampilkan permainan terbaiknya.

Pada menit 55, mantan pemain Kitchee ini nyaris mencetak gol pertamanya untuk "Maung Bandung" melalui tendangan kerasnya dari sisi kiri pertahanan Sriwijaya FC. Namun, tendangannya membentur  tiang gawang sehingga gawang Dian Agus prasetyo pun terhindar dari kebobolan.

Belencoso "Pecah Telur"
Seusai  waterbreak, Belencoso akhirnya  mampu "pecah telur" dengan mencetak gol kedua Persib pada menit 75. Memanfaatkan tendangan bebas Muhammad Taufiq, Belencoso merangsek ke depan gawang  Sriwijaya dan mampu memperdaya penjaga gawang  Dian  Agus Prasetyo. Gol  ini  tentu saja menyengat Ahmad Jufriyanto dkk.  untuk  memperkecil  ketinggalan.

Secara bergelombang para pemain  Sriwijaya mengurung  pertahanan  Persib, namun selalu kandas di  kaki  para pemain bertahan Persib yang bermain gemilang. Hingga pertandingan berakhir, Persib tetap unggul atas tamunya 2-0. Dengan  kemenangan  atas Sriwijaya FC, Persib mengemas  nilai  10 berkat  3 kali menang dan sekali seri. Sementara nilai  Sriwijaya FC terpaku di angka 7, dan akan melawat ke kandang juara Grup B.