Informasi

Gubernur Jawa Barat Lantik Enam Kepala Daerah di Gedung Merdeka




Gubernur  Jawa Barat, Ahmad Heryawan melantik enam kepala  daerah yang terpilih dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak, 9 Desember 2015, di Gedung Merdeka, Jl. Asia Afrika, Kota  Bandung, Rabu  (17/2/2016). Keenam kepala daerah yang dilantik itu  adalah Bupati-Wakil  Bupati Bandung, Dadang Naser-Gun Gun Gunawan; Bupati-Wakil Bupati Indramayu, Anna Sophanah-Supendi;  Bupati-Wakil Bupati Sukabumi Marwan Hamami-Adjo Sardjoni; Bupati-Wakil Bupati Karawang Cellica Nurchadi-Ahmad Zamakhsyari; Wali Kota-Wakil Wali Kota  Depok, Idris Abdul Somad-Pradi Supriatna; dan Bupati-Wakil Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata-Adang Hadari.

Menjaga Kerukunan dan Keharmonisan
Seusai  pelantikan, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan  menyinggung tentang ketidakkeharmonisan yang kerap terjadi antara kepala daerah  dan  wakilnya dalam menjalankan roda  pemerintahan  yang kerap terjadi. Oleh karena itu, orang nomor satu di  Jawa  Barat yang  akrab  disapa Aher ini, meminta pasangan kepala  daerah di Jawa Barat yang baru dilantik menjaga kerukunan dan  keharmonisan agar bisa mendorong percepatan pembangunan.

Aher berharap para bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota tidak saling berebut dalam menjalankan  tugasnya.  Selain harus  kompak,  pasangan  kepala daerah yang  baru  dilantik  pun  harus rajin  turun ke bawah untuk mendengar keluh  kesah rakyat sehingga bisa memahami permasalahan dan mampu merumuskan  program pembangunan yang tepat sasaran.

Aher pun meminta enam kepala daerah di Jawa  Barat yang baru dilantik mempercepat penyerapan anggaran sehingga dapat  meningkatkan laju perekonomian di daerahnya masing-masing. Ia  berharap lelang kegiatan  dilakukan sejak triwulan pertama  setiap  tahun anggaran berjalan, sehingga denyut perekonomian di daerah belangsung  simultan, volume pekerjaan tidak menumpuk di  akhir  tahun, dan capaian realisasi anggaran lebih optimal.

Aher  juga  mengingatkan para kepala  daerah  mengenai  Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2016, yang menuntut setiap kepla  pemerintahan  bertindak sesuai tugas, fungsi,  dan  kewenangan masing-masing, untuk mendukung dan mempercepat proyek-proyek  strategis nasional.

Yang  tak kalah pentingnya, imbuh Aher, adalah mewujudkan  janji yang dilontarkan selama kampanye. Apalagi, janji akan  dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT.

Polisi Amankan Undangan
Secara  umum, acara pelantikan enam kepala daerah di Gedung  Merdeka  berjalan lancar. Meski demikian, sempat ada  insiden  yang cukup menarik perhatian. Seorang pria yang hendak masuk ke Gedung Merdeka, diamankan petugas kepolisian karena membawa airsoft gun.

Hal  itu dibenarkan Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol.  Moechgiyarto. Menurutnya, seorang pria diamankan untuk diminta keterangan lebih lanjut,  karena  kedapatan  membawa airsoft  gun saat diperiksa petugas  di  pintu utama masuk Gedung  Merdeka.  Meski  demikian, Moechgiyarto menyatakan acara pelantikan enam kepala daerah   di Jawa Barat berlangsung aman dan tidak ada gangguan berarti.