Newsticker

Amankan Pelantikan Kepala Daerah, Polrestabes Bandung Terjunkan 1.380 Personel




Pada  Rabu (17/2/2016), Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan akan melantik enam kepala daerah dan wakilnya, yang  terpilih dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 9 Desember  2015. Keenam kepala daerah tersebut berasal dari Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Karawang, Kota Depok,  dan  Kabupaten Indramayu.

Sementara dua kepala daerah terpilih dari Tasikmalaya dan Cianjur akan dilantik secara terpisah. Menurut Sekda Provinsi Jawa  Barat, Iwa  Karniwa,  kepala  daerah Tasikmalaya akan dilantik  Maret, sedangkan kepala daerah Cianjur, Juni mendatang.

Pelantikan pemimpin kedua daerah itu tidak dilakukan  bersamaan dengan  enam  kepala daerah lainnya, diperkirakan   karena  masa jabatan kepala daerah di kedua daerah itu belum genap lima tahun. Karena  itu, pelantikannya  pun disesuaikan  dengan  masa  bakti sebelumnya.

Sementara  itu, Polrestabes Bandung akan  mengerahkan sebanyak 1.380 anggotanya untuk mengamankan pelantikan yang akan  dilangsungkan di  Gedung Merdeka, Jl. Asia Afrika  Bandung  ini. Bisa dipastikan, Jl. Asia Afrika akan ditutup saat pelantikan berlangsung, mulai pukul 07.00 WIB.

Hal itu dikatakan Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol. Angesta Romano Yoyol, Sabtu (13/2/2016). Polrestabes  Bandung nantinya akan memberlakukan empat ring pengamanan. Dalam setiap  ringnya, pengamanan dilakukan sesuai prosedur tetap (protap).

Pengamanan  ketat  yang  melibatkan 1.380  personel  Polrestabes Bandung  dilakukan karena diperkirakan ada 1.500  tamu  undangan. Menurut Yoyol, prioritas pengamanan adalah para pendukung  kepala daerah terpilih yang dikhawatirkan melakukan hal yang berlebihan.

Oleh  karena itu, ia mengimbau para loyalis calon agar mengikuti ketentuan pelaksanaan pelantikan. Ia pun menyarankan para  kepala daerah terpilih tidak membawa loyalisnya, meskipun hal itu  tidak dilarang. Yoyol pun menghimbau para kepala daerah terpilih untuk datang sesuai  jadwal, membawa undangan sesuai ketentuan,  dan  tertib. Dalam  rangka pengamanan, pihak polrestabes pun sudah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak.