Newsticker

Truk Sampah untuk Sukseskan Citarum Ecovillage Bestari




Untuk menyukseskan program Citarum Ecovillage Bestari, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyerahkan bantuan truk sampah kepada  delapan  kecamatan di Kabupaten Bandung, yaitu  Kecamatan  Kertasari, Majalaya,  Ibun,  Pacet,  Pangalengan,  Ciparay,  Baleendah,  dan Bojongsoang.

Bantuan truk yang harga per unitnya Rp 300 juta ini secara simbolis diserahkan Sekda Kab. Bandung, Sofian Nataprawira dan  Kepala Dispertasih  Kab. Bandung, Erwin Rinaldi, di  Lapangan  Upakarti, Soreang, Senin (30/11/2015).

Dengan  produksi  sampah  6.763 kubik per hari  dan  jumlah  yang terangkut  ke Tempat Pembuangan Akhir Babakan hanya  2.212  kubik per hari atau 31,23 persen, Kab. Bandung memang sangat membutuhkan  penambahan armada untuk menangani masalah sampah.  Kabupaten Bandung baru memiliki 72 unit truk sampah, jauh dari jumlah ideal 140 unit.

Menurut  Kepala  Dinas  Perumahan,  Tata  Ruang,  dan  Kebersihan (Dispertasih)  Kab. Bandung, Erwin Rinaldi, pihaknya  akan  terus menambah jumlah tempat pembuangan sampah sementara karena  dengan bertambahnya  jumlah populasi penduduk dan semakin  bertebarannya perumahan, volume sampah pun diperkirakan akan terus meningkat.

Ia  menyatakan,  kecamatan-kecamatan yang  mendapat  bantuan  ini sudah  memiliki kelompok masyarakat yang tergabung  dalam  Pokmas Ecovillage. Mereka sudah dibina mengenai cara mengolah dan  memperlakukan sampah. Apalagi nantinya ada juga mesin-mesin  pengolahan sampah.