Informasi

Pelantikan Mendadak di Kab. Bandung Barat




Ada  kejutan  terjadi  di jajaran  Pemkab  Bandung  Barat,  Jumat (27/11/2015).  Kejutan itu adalah pergeseran posisi yang  terjadi di  lingkup  pejabat struktural yang dilakukan  secara  mendadak. Bahkan, beberapa pejabat menerima surat undangan  hanya  sekitar satu jam menjelang pelantikan dilangsungkan, pukul 14.00 WIB.

Beberapa  pejabat memang tidak bisa menyembunyikan  keterkejutannya. Apalagi hingga menjelang salat Jumat pukul 11.30 WIB,  tidak ada tanda-tanda pergeseran posisi akan dilakukan. Apalagi, biasanya surat undangan paling lambat sudah diterima pejabat yang akan terkena pergeseran posisi satu hari sebelumnya.

Dengan dipimpin Bupati Bandung Barat, Abubakar, pelantikan dilaksanakan di gedung baru Pemkab Bandung Barat, sekitar pukul  17.00 WIB, atau tiga jam meleset dari jadwal semula pukul 14.00 WIB. Jumlah pejabat yang dilantik sebanyak 255 orang. Dari jumlah itu, 131  orang  berasal  dari Dinas Pendidikan  Pemuda  dan  Olahraga (Disdikpora) dan 124 orang pejabat struktural.

Dari  lingkungan  Disdikpora, tercatat 116 kepala SD,  10  kepala SMP,  5 orang kepala SMA, dan 7 pengawas sekolah  yang  dilantik. Sementara  pejabat struktural yang dilantik terdiri dari 6  orang pejabat eselon 3A,  20 orang eselon 3B, 70 orang eselon 4A,   15 orang eselon 4B, dan 13 orang eselon 5.
Sekretaris Daerah Pemkab Bandung Barat, Maman S. Sunjaya menyatakan, promosi, rotasi,  dan mutasi ini sebagai bagian dari  penyegaran  dan peningkatan kinerja. Namun, diakuinya  surat  undangan pelantikan kepada para pejabat memang dilakukan secara mendadak.

Mengomentari pergantian di lingkungan Disdikpora yang mendominasi pergeseran  posisi  ini, Maman menyatakan untuk  mengisi  jabatan kepala  sekolah  yang kosong. "Kepala  sekolah  yang  berprestasi dipindahkan  untuk menularkan prestasinya ke sekolah baru,"  ungkapnya.